PANWAS MITRA USUT IPAL

KPU dan Panwaslu Diminta Usut Ipal

RATAHAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan aparat kepolisian diminta bertindak tegas terhadap dugaan Ijasah Palsu (Ipal) bagi Caleg DPRD Mitra, yang telah ditetapkan sebagai anggota DPRD Mitra oleh KPU pada pleno Selasa (21/4) lalu. Desakan ini terkait laporan […] terhadap calon legislatif (Caleg) diduga menggunakan ijazah asli, tapi palsu alias Aspal pada pencalekan lalu.
Menurut Mawit Kalangi dan Oni Mokosuli warga Touluaan, mereka sangat kecewa dengan kinerja KPU, Panwas dan aparat kepolisian yang terkesan lambat menindak lanjuti laporan ijazah Aspal oleh masyarakat. Pasalnya, dugaan caleg menggunakan ijasah aspal, hingga kini laporannya tidak pernah ditindak lanjuti aparat penegak hukum dan instansi terkait.
“ Torang kecewa, kenapa laporan soal ijazah Aspal ini belum tuntas, padahal setahu kami, Panwas sendiri telah mengantongi bukti cukup akurat mengenai adanya caleg menggunakan ijasah palsu,” tegas Kalangi dan Mokosuli.
Lebih lanjut, jika hal ini tidak ditindak lanjuti, warga merasa ditipu dengan adanya oknum caleg tersebut. ”Jika ijasah bisa dibeli dengan uang, berarti yang memiliki uang bisa seenaknya melakukan hal tak terpuji dan mencemari dunia pendidikan,” ujar mereka.
Ketua Panwaslu Mitra Drs Selvius Kandouw MAP di tempat terpisah berjanji, pihaknya sementara mengusut dugaan ijasah palsu tersebut, namun itu butuh proses dan harus disertai dengan bukti-bukti akurat. ”Panwas memang telah mengantongi beberapa bukti, tapi menindak lajutinya harus dilengkapi dengan sejumlah bukti lebih akurat,” jelas Dosen Unima ini.(OT/002)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s