LISTRIK BELUM MERDEKA, PADAHAL NEGARA INI SO 63 TAHUN TERLEPAS DARI TANGAN PENJAJAH. SIAPA YANG SALAH????

Ironis, 63 Tahun Merdeka,

RI Cuma Punya Kapasitas Listrik 30.000MW

NUSA DUA – Kapasitas listrik PLN diseluruh Indonesia hanya 30 ribu MW. Tak heran, meski sudah 63 tahun lebih bansa ini merdeka, seluruh wilayah di Indonesia belum sepenuhnya bisa dialiri listrik oleh PLN. Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama PLN Fahmi Mochtar saat makan malam bersama wartawan di Nusa Dua, Bali, Senin (4/5/2009). “Sekarang ini situasi listrik merupakan akumulasi dari situasi krisis 1998, kemampuan PLN untuk berinvestasi minim sekali, dan sejak 1998 investasi dan kemampuan PLN juga sedikit. Jadi meskipun Indonesia sudah 63 tahun merdeka cuma punya kapasitas 30 ribu MW,” tuturnya. […]

Padahal, menurut Fahmi, pertumbuhan permintaan listrik di Indonesia tidak pernah negatif, terus meningkat. “Bahkan pada krisis 1998 saat pertumbuhan ekonomi kita minus, permintaan listrik tetap positif,” katanya.

Namun, dengan beban biaya produksi yang terus naik, struktur biaya dengan pendapatan PLN menjadi tidak seimbang. “Tarif listrik kita sejak 2003 sampai hari ini masih sama, dan sejak 2003 sampai sekarang input cost (biaya) kita tetap naik, seperti BBM yang terus naik, tapi tarif kita tetap seperti 2003, jadinya tidak balance biaya dengan pendapatan,” jelasnya.

Dikatakannya, pada akhir 2008 beban biaya produksi listrik PLN adalah Rp 1.137/kwh, sementara harga jual listriknya adalah Rp 630/kwh. “Selisih ini membuat kita tidak punya kemampuan untuk berinvestasi, lalu meskipun pemerintah memberikan subsidi kepada PLN, tetap belum bisa menutup biaya PLN,” keluh Fahmi.

Karena itu langkah pemerintah pada 2006/2007 adalah meluncurkan proyek pembangkit listrik 10 ribu MW, untuk menutupin kebutuhan permintaan  listrik yang mencapai 3.000 MW per tahun. “Jadi proyek 10 ribu MW ini juga tidak cukup karena akan habis dalam 3 tahun. Pada 2007 ada 30 titik yang kekurangan daya listrik, berkurang menjadi 13 titik di 2008. Kita harapkan di 2009 jumlahnya akan terus berkurang,” pungkasnya. (dtc/002)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s