WEWENE MANADO TAK SEKEDAR CERITA BIBIR, KARENA BANYAK YANG BEAUTY, BRAIN, & BEHAVIOR….

Paula: “…. Tidak Sekedar Bibir”

paula singal3

CERITA Manado, terlebih para gadisnya tidak sekedar bagian 3B (bibir, bubur, dan bunaken). Tapi lebih daripada itu, Beauty, Brain, Behaviour. “Itulah sebenarnya Gadis Manado,” tutur Paula Sinjal, SH., dalam satu perbincangan dengan wartawan Harian  Sore Cahya Siang.

Soal istilah tiga B yang pertama, akunya, memang sempat mencoreng eksistensi gadis Manado. Padahal,  sebenarnya tidak sedikit gadis Manado yang mampu berbicara dalam berbagai pentas di ibukota (nasional). […]Contohnya, yang sekarang ini saja kita bisa sebut, diantaranya, Verna Ingkiriwang, runner up Miss Indonesia yang pada Pilcaleg 9 April lalu mampu menorehkan namanya di panggung politik, menembus Senayan setelah mengumpulkan suara terbanyak di Propinsi Sulawesi Tengah.

Pendatang baru lainnya, yang juga tak kalah plusnya adalah puteri Pdt C.Supit, Priscilla Yvonne Supit. Gadis Manado ini bukan saja berhasil masuk jajaran gadis tercantik sejagat setelah menembus runner up II, Miss Indonesia dan menyabet gelar Miss Kulit Terindah tahun 2008 lalu, tapi juga kemampun lainnya ditorehkan lewat keberhasilan di panggung politik. Tahun ini, Priscilla muncul sebagai Caleg jadi, diusung Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) dari Dapil Jabar X untuk DPR Propinsi, bernomor urut 3. Nona cantik ini juga terbukti pinter, karena jadi magnet bukan di daerah asalnya. Gadis Manado memang tidak sekedar bibir.

Paula Sinjal, SH., Alumni Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado ini, sebagai bukti lainnya. Paula yang memulai karirnya dari bawah, kini tengah diperhitungkan di pentas politik. Paula, setelah menyelesaikan studi S1-nya, Ia terbang ke Jakarta dengan sebuah cita-cita berbasic aktivis. Sampai sekarang pun, selain mulai merambah ranah politik dan masuk figure yang diperhitungkan di Partai Demokrat bersama putera terbaik Sulut, EE Mangindaan, Paula –begitu ia akrab disapa—pun tetap menjalani aktivitas awalnya sebagai aktivis social dan aktivis perempuan, dengan tidak meninggalkan kesibukan sehari-harinya, meniti karir  di bidang hukum bersama suami tercinta, HUMPHREY R. DJEMAT, SH., LLM.

Bahkan, kisibukannya kini pun bertambah setelah Partai Demokrat  (PD) menjadi pemenang dalam pemilu legislatif 2009 baru lalu. Pasalnya, dengan kemenangan itu, PD resmi mengusung Susilo Bambang Yodhoyono sebagai kandidat presiden 2009-2014. Dan, itu pula akan menambah kesibukan pengaggum karya-karya Kahlil Gibran ini. Sebagai Jurkamnas dari PD, tentunya, Wakil Ketua II Bidang Konsultasi Departemen Optimalisasi Perempuan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat ini, harus menyiapkan waktu ekstra guna memenangkan SBY.

Soal bergabungnya Paula dengan tim kampanye SBY, menurutnya tidak sekedar mengejar kebesaran dan job. Sebab, “Keagungan tidak bergantung pada kedudukan, keagungan adalah milik mereka yang tidak tergila-gila pada kedudukan,” katanya mengutip kalimat “manis” Kahlil Gibran.

Dan, memang, gayanya yang selalu tampil low profile, telah membuat ia disegani di mana-mana.Kuncinya cuma satu, mengenal diri sendiri. Sebab, kata orang, jika orang memahami dirinya, dia harus memahami semua orang. Selanjutnya, apabila orang mencintai seseorang dia juga harus belajar sesuatu mengenai dirinya sendiri.  “Mencintai adalah masalah penting bagi manusia . Bila kita mampu mengurai cinta, maka hakekat cinta akan berubah menjadi sesuatu yang berharga, meski sering tidak mudah dimengerti. “

Soal World Ocean Coference dan Corral Triangle Initiative Summit di Manado, mahasiswa S2 di salah satu universitas ternama ini, mengaku, sangat bangga dengan terobosan yang dilakukan Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Sinyo Harry Sarundajang. Dengan WOC-CTI Summit, Manado (Sulut) terus bersolek. “Ibarat perempuan, makin cantik dan seksi saja daerah Nyiur Melambai ini. Sebabnya, karena innerbeuty sebagai kota pariwisata dunia makin nampak dan penampilannya pun semakin mantap,” aku alumni SMA Kristen Eben Haezer Manado ini.

Tentang Paulapaula singal4

Di kancah politik, selain sebagai Wakil Ketua II Bidang Konsultasi Departemen Optimalisasi Perempuan,Paula juga Koordinator Wilayah (Korwil) Partai Demokrat Sulawesi  Utara. Perempuan kelahiran Manado tahun 1967 ini telah aktif di Partai Demokrat sejak partai ini dideklarasikan tujuh tahun lalu.

Aktivis gerakan pemberdayaan perempuan ini juga telah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Kader Partai Demokrat (PKKPD) Angkatan ke VIII yang diselenggarakan di Cipanas, Jawa Barat.
Berkiprah dalam organisasi sosial-politik bukan hal yang baru bagi perempuan energik-dinamis yang dikenal berjiwa sosial ini. Perempuan asal Lewet, Minahasa Selatan ini telah aktif berorganisasi sejak di Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UNSRAT, Lions Club, hingga kini menjabat sebagai Ketua Bidang Advokasi, Hukum dan HAM Mitra Gender Sulut, sekaligus sebagai Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulut.
Pada pertengahan tahun 2007 bersama dengan beberapa orang yang tergerak hatinya, putri sulung mantan Direktur APDN Drs. Nico Sonny Sinjal (alm) dan Laurine Wauran ini membentuk TIM PELAYANAN KASIH untuk melayani juga membantu anak-anak tidak mampu serta terpinggirkan di Jakarta dan sekitarnya. (CS/Wilson)

One thought on “WEWENE MANADO TAK SEKEDAR CERITA BIBIR, KARENA BANYAK YANG BEAUTY, BRAIN, & BEHAVIOR….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s