BERITA DARI MITRA, TOMOHON DAN PENGANGGURAN

Mitra dan Tomohon Tetapkan Kursi Caleg Terpilih1605 Gunting Pita T2 meresmikan Resting Area

RATAHAN – Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mitra, beberapa waktu lalu telah mengelar pleno rekapitulasiperolehan suara dan penetapan sementara Caleg yang bakal duduk sebagai anggota dewan Mitra. Untuk finalisasi Caleg terpilih, Jumat (15/5) kemarin, KPU akhirnya mengelar pleno penetapan  untuk 25 anggota  legislatif  Mitra periode 2009–2014. […]

Ketua KPU Kabupaten Mitra, Drs Askce Benu, MSi., kepada sejumlah wartawan, menjelaskan, ke -25 anggota dewan ditetapkan setelah melalui berbagai tahapan dan pertimbangan yang didasarkan pada perundang-undangan yang berlaku, termasuk dengan tanggapan dari warga yang berupa protes dan sebagainya. “Kami berkewajiban untuk menetapkan anggota dewan terpilih melalui pleno penetapan KPU setelah melalui sejumlah tahapan berdasarkan peraturan,”ungkap Benu.

Penetapan ini sendiri dihadiri oleh para saksi dari Parpol. Selanjutnya, dari hasil pleno penetapan ini, akan diserahkan ke Gubernur Sulut, Drs S H Sarundayang untuk kemudian dibuat Surat Keputusan (SK) dan kemu7dian digelar pelantikan.
Sementara itu, dari Kota Tomohon juga diperoleh informasi bahwa setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon melakukan penetapan kursi DPRD dan calon anggota DPRD terpilih untuk periode 2009-2014 bertempat di Home Stay Walian Kecamatan Tomohon Selatan.

Tim KPU yang dinahkodai Joudy Sangari ini berhasil menetapkan 20 kursi yang akan diduduki oleh 20 calon legislatif DPRD Kota Tomohon terpilih. 20 Orang yang berhasil lolos dalam Pemilu Caleg 9 April yang ditetapkan KPU Kota Tomohon kemarin (15/5) sudah final (lihat table)

Pelaksanaan penetapan kursi dan Caleg terpilih dipimpin oleh Ketua KPU Kota Tomohon, Joudy Sangari beserta anggota masing-masing Dra Marietje Terok, MPd, Jacobus Andreas Wowor, SH, Beldie  Tombeg, ST, K Haniie B Watung, S.Sos. Dalam hajatan ini, turut dihadiri oleh seluruh pimpinan partai peserta Pemilu, Kapolres Tomohon AKBP Suyanto, SIK, Panwas Kota Tomohon dan dari kalangan media massa. (OT/VR/002)

Daftar Caleg Terpilih 2009-2014 untuk Kursi Dewan Kabupaten Mitra
Caleg Terpilih             Partai /Dapil

Andries Manoppo       PG/Tombatu-Toluaan
Jemmy Mokodaser     PG/Tombatu-Toluaan
Corry Kawulusan         PDIP/Tombatu-Toluaan
Delly Makalow              PDIP/Tombatu-Toluaan

Adrie Mokat                   PDS/Tombatu-Toluaan

Felmy Peleng                  PAN/Tombatu-Toluaan

Katrien Mokodaser       PD/Tombatu-Toluaan
Annie Boseke                  PKPB/Tombatu-Toluaan
Ronald Kandoli              PG/Ratahan-Pusomaen
Vence Ohy                       PG/Ratahan-Pusomaen

Meldy Untu                     PG/Ratahan-Pusomaen

Voke Ompi                       PDIP/Ratahan-Pusomaen
Sammy Pongilatan       PDIP/Ratahan-Pusomaen
Dirk Tolu                          Gerindra/Ratahan-Pusomaen
Nolly Langingi               PD/Ratahan-Pusomaen
Djamiah Paputungan  PBR/Ratahan-Pusomaen
Novi Tangkuman          PPDI/Ratahan-Pusomaen
Lanny Punusingon       PKPI/Ratahan-Pusomaen
Tonny Lasut                    PG/ Belang-Ratatotok
Vence Golung                 PG/ Belang-Ratatotok
Tavif Watuseke              PDIP/ Belang-Ratatotok
Suryani Tora                   PD/ Belang-Ratatotok

Kisman Hala                    PAN/ Belang-RatatotoK

Rakimin Ibrahim           PMB/ Belang-Ratatotok

Ir.Supardi Logor            PKPB/Belang-Ratatotok

Daftar Caleg Terpilih 2009-2014 untuk Kursi Dewan Kota Tomohon

Caleg Terpilih             Partai /Dapil

Cherly Mantiri               Hanura/I

Jimmy Eman                   PG /I
Jefry Motoh                     PG/I
James J Kojongian        PG/I
Leidys Turang                 PG/I
Vonny Paath                   PDIP/I
Johanis Wilar                 PDIP/I
Marthen Manoppo       PD /I
Youdy Moningka          PD /I

Ferdinand Turang        PG /II
Hofny Kalalo                  PG/II
Rineke Kilis                    PG /II
Paulus Sembel              PDIP /II
Carolina Sondakh        PD /II

Melky Tangkawarouw Hanura/III
Norma Nangka SIP       PD /III
Frets Kelas ST                 PG /III
Chen Mongdong            PDIP /III
Andy Sengkey                PG /III
Darius Sendukh             PKPI /III

BPS: Pengangguran Turun, Jadi 9,26 Juta Orang

BADAN Pusat Statistik (BPS) menyatakan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada Februari 2009 mencapai 9,26 juta atau 8,14 persen dari total angkatan kerja. “Mengalami penurunan apabila dibandingkan pengangguran Agustus 2008 sebesar 8,39 persen, dan pengangguran Februari 2008 sebesar 8,46 persen.,” sebut Kepala BPS, Rusman Heriawan di Jakarta, Jumat (15/5).

Menurut dia, keadaan ketenagakerjaan di Indonesia pada semester I 2009 umumnya masih normal, dan belum menggambarkan dampak krisis global yang terjadi saat ini. Aktivitas ekonomi menjelang pemilu legislatif sedikit banyak diduga mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada Februari 2009.

Berdasarkan data BPS, jumlah angkatan kerja di Indonesia pada Februari 2009 mencapai 113,74 juta orang, bertambah 1,79 juta orang dibanding Agustus 2008 yang mencapai 111,95 juta orang, sedangkan dibanding Februari 2008 bertambah  2,26 juta.

Sementara penduduk yang bekerja mencapai 104,49 juta orang, bertambah 1,94 juta orang dibanding Agustus 2008, atau bertambah 2,44 juta orang dibanding setahun sebelumnya yang mencapai 102,05 juta orang.

Disebutkannya, dibanding setahun yang lalu, hampir seluruh sektor mengalami peningkatan lapangan kerja, kecuali sektor konstruksi yang mengalami penurunan lapangan kerja sebanyak 120 ribu orang dan sektor transportasi, pergudangan dan komunikasi yang menurun sebanyak 60 ribu orang.  “Sektor yang mengalami kenaikan terbesar adalah sektor perdagangan yaitu naik 1,16 juta orang, sektor jasa kemasyarakatan naik 830 ribu orang, dan sektor pertanian naik 340 ribu orang,” ujarnya.

Dari data tersebut, terlihat  penduduk yang bekerja sebagai buruh/karyawan mencapai 28,91 juta orang (27,67 persen), berusaha dibantu buruh tidak tetap sebanyak 21,64 juta orang (20,71 persen) dan berusaha sendiri sejumlah 20,81 juta orang (19,92 persen).

Adapun berdasarkan jumlah jam kerja, penduduk yang bekerja diatas 35 jam per minggu mencapai 73,12 juta orang (69,98 persen), sedangkan yang bekerja dengan jumlah jam kerja kurang dari 8 jam per minggu hanya sekitar 1,58 juta orang (1,51 persen).

Dari segi pendidikan, pekerja dengan pendidikan SD ke bawah mengalami penurunan sebanyak 190 ribu orang dalam setahun terakhir (Februari 2008 – Februari 2009). “Namun jumlahnya masih tetap mendominasi lapangan kerja di Indonesia yaitu sebanyak 55,43 juta orang (53,05 persen) pada Februari 2009,” tambahnya. (kpc/002)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s