SELAMAT MENYAMBUT PASKAH; TUHAN YESUS MEMBERKATI

NUBUAT DAN PENGGENAPANNYA

Artikel * Nelson Samosir/NelsonHomePage

Nelson Samosir

YESUS KRISTUS adalah tokoh yang kontroversial dari 2000 tahun yang lalu hingga saat ini. Banyak orang yang mencemooh, menghina bahkan menghujat Dia. Tapi semakin dibenci semakin banyak orang yang menjadi pengikutNYA. Yesus sendiri telah berpesan kepada pengikutNya. Yohanes 15:19: “Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu”.[….]

Setiap Pengikut Yesus akan dibenci oleh dunia. Karena dunia serta isinya saat ini dikuasai oleh si JAHAT. Memang Yesus telah mengalahkan si JAHAT, bahkan kunci nerakapun dipegang oleh Yesus, hanya IA belum memerintah secara resmi di dunia ini. IA baru memerintah pada saat kedatangannya yang kedua kali.

Perkembangan Kekristenan di dunia saat ini sedang mengalami perubahan, jika tadinya sangat populer di negara Amerika dan negara-negara di Eropa, maka saat ini dinegara tersebut umat kristen mengalami penurunan. Banyak gereja-gereja yang bangku-bangkunya kosong dan pengunjungnya hanya orang-orang tua.

Hal ini terjadi karena kemajuan jaman dan gaya hidup materialisme dan hedonisme yang semakin meningkat, maka orang semakin tidak membutuhkan agama atau Tuhan dalam hidupnya, karena agama atau Tuhan hanya menjadi penghambat dalam gaya hidup hedonisme dan materialisme. Gaya hidup yang memanjakan keinginan daging dan hawa nafsu duniawi.

Agama kristen semakin berkembang pesat di negara-negara miskin dan berkembang di belahan dunia Asia, Afrika. Kemajuan yang sangat pesat dapat dilihat di negara Cina. Walaupun umat kristen dianiaya tetapi bukannya berkurang, malah semakin berkembang.

Demikian juga di negara-negara yang tadinya umat kristen hanya sedikit saat ini banyak mengalami perubahan. Misalnya: India dengan mayoritas penduduknya yang menganut Hindu, dari hari kehari semakin banyak yang berpindah menjadi pengikut Yesus.

Di belahan benua Afrika, penganut agama kristen juga mengalami perubahan yang pesat. Benua yang sejak semula telah dikutuk Tuhan dan menjadi sarang Iblis, (walaupun sehari-hari penduduknya menganut agama), makin banyak penduduknya yang mengaku menjadi Pengikut Yesus. Bahkan ada beberapa penginjilnya yang telah menjadi penginjil kelas dunia.

Untuk Asia, Korea Selatan adalah contoh yang paling luar biasa dari perkembangan agama kristen di Asia. Agama yang semula hanya agama minoritas, menjadi agama mayoritas di negara tersebut. Salah satu tanda kedatangan Yesus ke dunia ialah “Injil telah diberitakan keseluruh suku bangsa di dunia”, dan saat ini perintah tersebut hampir digenapi.

Hampir seluruh suku bangsa telah menerima atau mendengar khabar tentang Injil. Syarat yang ditetapkan ialah dari satu suku bangsa minimal 1 orang menjadi orang kristen. “Jadikanlah semua bangsa muridKU”, itulah perintah Tuhan, bukannya “Jadikanlah semua orang muridKU”

Menurut data-data yang dikumpulkan oleh Peter Wagner, pada saat ini hampir seluruh suku bangsa di muka bumi telah mendengar pemberitaan tentang Injil. Bagi suku-suku yang belum pernah mendengar tentang Injil, pada saat ini telah dikirim misionaris agar suku-suku tersebut dapat mendengar khabar gembira tentang Juru Selamat,

Dan bukan hanya misionaris yang dikirimkan, tetapi pendoa-pendoa syafaat juga bekerja keras dalam doa-doanya agar sisa-sisa suku tersebut, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Yesus sendiri bukan secara tiba-tiba dinobatkan sebagai Tuhan dan Juruselamat, kedatanganNYA ke dunia telah dinubuatkan ratusan tahun bahkan telah dinubuatkan dua ribu tahun sebelum kelahiranNYA.

Banyak orang saat ini yang menolak mengakui Yesus sebagai Tuhan. Ada yang menganggap IA hanya sebagai guru, ada yang menganggap IA sebagai nabi, ada yang menganggap IA hanya manusia biasa, bahkan bagi orang Yahudi ia adalah seorang “Yahudi Sesat”.

Memang hanya waktu yang akan membuktikan siapa Yesus sebenarnya, Apakah IA memang hanya guru/rabbi, atau IA memang nabi Tuhan ataukah IA orang gila yang mengaku sebagai Mesias.

Mesias adalah seorang tokoh yang dinanti-nantikan oleh seluruh orang Yahudi sejak jaman dahulu kala. Mesias atau Juru Selamat adalah tokoh yang nantinya akan membawa bangsa Israel menjadi bangsa yang terkemuka, Tokoh yang membebaskan Israel dari kaum penjajah. Itulah anggapan orang Israel tentang Mesias yang mereka nanti-nantikan.

Kedatangan Mesias bukanlah khabar dongeng bagi bangsa Israel, kedatangan Mesias mereka ketahui dari kitab suci mereka. Dan para ahli kitab mengetahui persis ayat-ayat mana dalam kitab suci mereka yang menjelaskan tentang kedatangan Mesias tersebut.

Hal ini dapat dilihat dari kedatangan Orang Majus yang bertemu dengan raja Herodes, dan sang raja memerintahkan para ahli kitab untuk mencari tahu dimana Mesias akan dilahirkan.

Membuat nubuat dan menggenapinya bukanlah hal yang mudah, menurut teori probabilitas, maka nubuat di Alkitab kemungkinan penggenapannya adalah sangat kecil sekali, tetapi sekali lagi kita berhadapan dengan Tuhan kita yang Hidup, “Akulah Allah Abraham, Ishak dan Yakub”. Tuhan yang Maka Kuasa, Allah yang Ajaib.

Ternyata nubuat-nubuat tersebut digenapi seluruhnya. Alkitab Perjanjian Lama dari Kitab Kejadian sampai Kitab Maleakhi berisikan nubuat tentang kedatangan Yesus, Mesias yang ditunggu-tunggu.

Hanya saja seperti biasa Tuhan mempermainkan orang-orang yang mengaku pintar di dunia ini, Mesias yang ditunggu-tunggu bukanlah seorang manusia biasa, tetapi ALLAH sendiri yang menjadi Manusia. Allah yang ber Inkarnasi menjadi manusia. untuk melaksanakan hukuman yang IA sendiri telah jatuhkan kepada umat manusia yang berdosa, yaitu orang tersebut harus mati dan masuk dalam neraka.

Untuk membatalkan hukuman yang IA sendiri telah buat adalah hal yang tidak mungkin bagiNYA, karena IA adalah Allah yang adil, dan Firman yang keluar dari mulutNYA tidak dapat ditarik kembali, oleh sebab itu IA sendiri bersedia menerima hukuman yang seharusnya dijatuhkan buat umat manusia. Hal ini TUHAN lakukan karena IA sangat mengasihi manusia.

Dengan ditanggungnya hukuman tersebut, bukan berarti seluruh manusia telah terluput dari hukuman, yang dapat luput dari hukuman ialah manusia yang percaya kepadaNya.

Banyak orang Kristen saat ini yang tidak mengetahui bahwa kedatangan Yesus ke dunia telah dinubuatkan sejak 6000 tahun yang lalu. Dibawah ini kami tuliskan nubuat tentang kedatangan Tuhan Yesus dan penggenapan dari nubuat tersebut.

1. JURU SELAMAT AKAN DILAHIRKAN DARI KETURUNAN HAWA

Ketika Adam dan Hawa telah jatuh ke dalam dosa, maka TUHAN mengucapkan suatu pernyataan kepada IBLIS:

Nubuat : Kejadian 3:15 ” Engkau (Iblis) dan perempuan itu akan saling membenci, keturunannya dan keturunanmu akan selalu bermusuhan. Keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan menggigit tumit mereka.”

Penggenapannya : Galatia 4:4 “Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat.” Nubuat ini dibuat 2000 tahun sebelum Yesus lahir.

2. JURU SELAMAT AKAN DILAHIRKAN DARI SEORANG PEREMPUAN

Nabi Yesaya yang hidup sekitar 700 tahun sebelum kelahiran Yesus, telah menubuatkan kelahiran Yesus

Nubuat: Yesaya 7:14 “Sekarang, TUHAN sendiri akan memberi tanda kepadamu: Seorang gadis yang mengandung akan melahirkan seorang putra yang dinamakannya Imanuel (Allah Beserta Kita)”.

Penggenapannya: Lukas 1:27-35 – Bahasa Indonesia Sehari-Hari. Luk 1:27 Gabriel diutus kepada seorang perawan, bernama Maria. Perawan itu sudah bertunangan dengan seorang yang bernama Yusuf, keturunan Raja Daud.

Luk 1:28 Malaikat itu datang kepada Maria dan berkata, “Salam, engkau yang diberkati Tuhan secara istimewa! Tuhan bersama dengan engkau!”

Luk 1:29 Mendengar perkataan malaikat itu Maria terkejut, sehingga bertanya-tanya dalam hati apa maksud salam itu.

Luk 1:30 Maka malaikat itu berkata kepadanya, “Jangan takut, Maria, sebab engkau berkenan di hati Allah.

Luk 1:31 Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak, yang harus engkau beri nama Yesus.

Luk 1:32 Ia akan menjadi agung dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Tuhan Allah akan menjadikan Dia raja seperti Raja Daud, nenek moyang-Nya.

Luk 1:33 Dan Ia akan memerintah sebagai raja atas keturunan Yakub selama-lamanya. Kerajaan-Nya tidak akan berakhir.”

Luk 1:34 “Tetapi saya masih perawan,” kata Maria kepada malaikat itu, “bagaimana hal itu bisa terjadi?”

Luk 1:35 Malaikat itu menjawab, “Roh Allah akan datang kepadamu, dan kuasa Allah akan meliputi engkau. Itulah sebabnya anak yang akan lahir itu akan disebut Kudus, Anak Allah.

Nubuat yang diucapkan 700 tahun sebelum kelahiran Yesus digenapi, dan Yesus lahir dari seorang anak dara (perawan)

3. MESIAS/JURU SELAMAT ADALAH ANAK ALLAH

Daud sebagai penulis Mazmur telah menubuatkan kedatangan Mesias dalam Mazmur 2 yang juga dikenal dengan nama Mazmur Kerajaan

Nubuat: Mazmur 2:7

“Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: “Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini”

Penggenapan: Matius 3:17 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

” Kemudian terdengar suara Allah mengatakan, “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi. Ia menyenangkan hati-Ku.”

Pada waktu Yesus dibaptis, terdengar suara dari sorga yang menegaskan siapa Yesus. Selain itu kehadiran Yesus dimuka bumi juga dikenal oleh setan-setan. Hal ini dapat kita temukan dalam:

Markus 3:11 “Dan orang-orang yang kemasukan roh jahat, setiap kali melihat Dia, terus saja sujud di hadapan-Nya dan berteriak, “Engkaulah Anak Allah!”

4. MESIAS/JURUSELAMAT BERASAL DARI KETURUNAN ABRAHAM

Abraham telah mendapat janji dari ALLAH bahwa salah seorang keturunannya akan memberikan berkat kepada seluruh bangsa di muka bumi

Nubuat: Kej 22:18 “Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku.”

Penggenapan: Matius 1:1 “Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.”

Bahwa yang dimaksud akan memberi berkat kepada seluruh bangsa adalah Yesus ditegaskan lagi dalam:

Galatia 3:16 – Bahasa Indonesia Sehari-Hari

“Janji-janji Allah dibuat oleh Allah untuk Abraham dan untuk orang keturunan Abraham. Dalam Alkitab tidak tertulis “dan untuk orang-orang keturunan Abraham”, yang berarti banyak orang. Yang tertulis di situ adalah “dan untuk orang keturunanmu”, berarti satu orang saja, yaitu Kristus”.

5. MESIAS/JURUSELAMAT ADALAH KETURUNAN ISHAK

Mesias yang akan dilahirkan bukan berasal dari keturunan Ismail, tetapi berasal dari keturunan Ishak. Karena Ishak adalah anak perjanjian. Sedangkan Ismael adalah anak seorang budak. Hagar adalah budak Sarah (istri Abraham), karena tidak kunjung mendapat keturunan, maka Abraham dan Sarah hendak membantu Tuhan, agar ia bisa memperoleh keturunan.

Apa yang Abraham lakukan berakibat fatal sampai sekarang, karena ternyata sama dengan Ismael menganiaya Ishak, Keturunan Ismael juga menganiaya keturunan Ishak.

Nubuat: Kejadian 17:9

“Tetapi Allah berkata, “Tidak. Sara istrimu akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakannya Ishak. Aku akan setia kepada perjanjian-Ku dengan anak itu dan dengan keturunannya untuk selama-lamanya. Perjanjian itu kekal”

Penggenapan: Matius 1:1-16

1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.

1:2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya,

1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus

6. MESIAS/JURUSELAMAT ADALAH KETURUNAN YAKUB

Ishak memperanakan Esau dan Yakub. Mesias akan lahir dari keturunan Yakub, jadi bukan berasal dari anak sulung.

Nubuat: Bilangan 24:17

24:17 Aku melihat dia, tetapi bukan sekarang; aku memandang dia, tetapi bukan dari dekat; bintang terbit dari Yakub, tongkat kerajaan timbul dari Israel, dan meremukkan pelipis-pelipis Moab, dan menghancurkan semua anak Set

Penggenapan: Matius 1:1-16

1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.

1:2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya,

1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus

7. MESIAS/JURUSELAMAT AKAN DATANG DARI SUKU YEHUDA

Israel berasal dari 12 suku bangsa, dimana nenek moyang dari suku-suku tersebut adalah anak-anak Yakub. Yehuda adalah anak keempat dari Lea.

Nubuat: Kejadian 49:10 – BIS

“Yehuda akan memegang tongkat kerajaan, keturunannya akan memerintah selama-lamanya. Bangsa-bangsa akan membawa upeti, dan sujud dengan takluk di hadapannya.”

Penggenapan: Matius 1:1-16

1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.

1:2 Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya,

1:3 Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram,

1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus

Ibrani 7:14

“Semua orang tahu bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda;……..”

8. MESIAS/JURUSELAMAT ADALAH KETURUNAN ISAI

Yesaya seorang nabi Israel yang hidup sekitar 700 tahun sebelum lahirnya Mesias, telah menubuatkan bahwa dari keturunan Isai akan lahir Mesias

Nubuat: Yesaya 11:1

“Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.”

Penggenapan: Matius 1:6-16

1:6 Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria

1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus

9. MESIAS/JURUSELAMAT ADALAH KETURUNAN DAUD

Sekali lagi Nabi Yesaya yang hidup 700 tahun sebelum kelahiran Yesus, telah menubuatkan kedatangan seorang Raja yang akan memerintah bumi nantinya. Raja tersebut berasal dari keturunan Raja Daud

Nubuat: Yesaya 9:5-6

9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

9:6 Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini

Penggenapan: Matius 1:6-16

1:6 Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria

1:16 Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus

Mesias berasal dari keturunan raja Daud, dan IA akan memerintah bumi dalam kerajaan 1000 tahun.

10. MESIAS/JURUSELAMAT AKAN DILAHIRKAN DI BETLEHEM

Sang Mesias telah dinubuatkan akan lahir di suatu kota yang bernama Betlehem. Nubuat tersebut diucapkan oleh seorang nabi Israel yang bernama Mikha yang hidup sekitar tahun 735-700 tahun sebelum kelahiran Yesus Kristus.

Nubuat: Mikha 5:1 “Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.”

Penggenapan: Matius 2:1

“Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem”

11. BINTANG TERANG AKAN MEMBERITAHU KELAHIRAN MESIAS

Diwaktu Yesus lahir, datanglah 3 orang Majus dari Timur, dan mereka menemui Herodes untk menanyakan dimanakah Mesias akan lahir. Kedatangan mereka dituntun oleh sebuah bintang baru yang terang di langit.

Nubuat: Bilangan 24:17

“Aku melihat dia, tetapi bukan sekarang; aku memandang dia, tetapi bukan dari dekat; bintang terbit dari Yakub, tongkat kerajaan timbul dari Israel, dan meremukkan pelipis-pelipis Moab, dan menghancurkan semua anak Set”

Penggenapan: Matius 2:1-2 – Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS)

Mat 2:1 Yesus dilahirkan di kota Betlehem di negeri Yudea pada masa peme rintahan Raja Herodes. Pada waktu itu beberapa ahli ilmu bintang dari Timur datang ke Yerusalem.

Mat 2:2 Mereka bertanya di mana-mana, “Di manakah Anak itu, yang lahir untuk menjadi raja orang Yahudi? Kami melihat bintang-Nya terbit di sebelah timur, dan kami datang untuk menyembah Dia.”

12. AKAN TERJADI PEMBUNUHAN ANAK-ANAK

Yeremia seorang Nabi Israel, telah meramalkan akan adanya pembantaian terhadap bayi-bayi di Israel, ramalannya ini ia buat sekitar tahun 620 – 560 sebelum kelahiran Juru Selamat.

Nubuat: Yeremia 31:15 – Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS)

“TUHAN berkata, “Di Rama terdengar suara ratapan, dan keluh kesah yang diliputi kepedihan. Rahel meratapi anak-anaknya, ia tak mau dihibur sebab mereka sudah tiada.”

Penggenapan: Matius 2-16-18

Mat 2:16 Ketika Herodes tahu bahwa ahli-ahli bintang dari Timur itu menipunya, ia marah sekali. Lalu ia memerintahkan untuk membunuh semua anak laki-laki yang berumur dua tahun ke bawah di Betlehem dan sekitarnya. Itu cocok dengan keterangan yang didapatnya dari ahli-ahli bintang itu tentang saatnya bintang itu kelihatan.

Mat 2:17 Demikianlah terjadi apa yang pernah dikatakan oleh Nabi Yeremia, yaitu,

Mat 2:18 “Di Rama terdengar suara ratapan, keluhan serta tangisan. Rahel meratapi anak-anaknya; ia tak mau dihibur sebab mereka sudah tiada.”

Setelah bertemu dengan ke tiga orang Majus dan mendengar khabar, bahwa Mesias telah lahir, maka Herodes yang takut kehilangan tahtanya, menyuruh ahli-ahli kitab untuk mengetahui dimana Juru Selamat akan dilahirkan.

Para ahli kitab mengatakan bahwa Mesias akan lahir di kota Betlehem, Herodes memerintahkan untuk membunuh semua bayi yang berumur dibawah 2 tahun yang berada di kota Betlehem.

13. JURUSELAMAT TELAH ADA JAUH SEBELUM SEGALA SESUATU DICIPTAKAN

Sang Mesias yang akan lahir sebenarnya sudah ada jauh sebelum dunia dijadikan, hal ini telah diterangkan oleh nabi Mikha 700 tahun sebelum sang Mesias lahir menjadi manusia di dunia ini

Nubuat: Mikha 5:1

” Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala”

Penggenapan: Kolose 1:17 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

“Sebelum segala sesuatu ada, Kristus sudah terlebih dahulu ada. Dan karena Dialah juga maka segala sesuatu berada pada tempatnya masing-masing.”

Segala sesuatu telah diciptakan oleh sang Mesias, bahkan dunia ini diciptakan di dalam DIA. IA datang kedalam dunia yang IA ciptakan, tetapi dunia tidak mengenalNYA dan tidak menerimaNYA.

14. JURU SELAMAT ITU AKAN DISEBUT “TUHAN”

Nubuat: Mazmur 110:1

“Mazmur Daud. TUHAN berkata kepada tuanku, “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuhmu Kutaklukkan kepadamu.”

Penggenapan: Markus 12:35-37 “Sementara mengajar di Rumah Tuhan, Yesus bertanya, “Bagaimanakah guru-guru agama dapat mengatakan bahwa Raja Penyelamat itu keturunan Daud?”

Mar 12:36 “Padahal Daud sendiri–karena diilhami oleh Roh Allah–berkata, ‘Tuhan berkata kepada Tuhanku: duduklah di sebelah kanan-Ku sampai Aku membuat musuh-musuh-Mu takluk kepada-Mu.”

Mar 12:37 Jadi kalau Daud menyebut Raja Penyelamat itu ‘Tuhan’, bagaimana mungkin Dia keturunan Daud?” Orang banyak yang berada di Rumah Tuhan itu senang mendengar Yesus mengajar.

Ayat diatas menjelaskan bahwa Daud dibawah kuasa Roh Kudus ingin menjelaskan bahwa ALLAH akan telah berinkarnasi dan menjadi manusia. Dan Mesias akan memerintah dan duduk disebelah kanan ALLAH BAPA sampai semua musuh telah ditaruh dibawah kakiNYA.

15. JURU SELAMAT AKAN DISEBUT IMANUEL (ALLAH MENYERTAI KITA)

Yesaya yang hidup 700 tahun sebelum Yesus Kristus telah menubuatkan bahwa Mesias akan lahir dari seorang anak dara (perawan)

Nubuat: Yesaya 7:14

“Sekarang, TUHAN sendiri akan memberi tanda kepadamu: Seorang gadis (perawan) yang mengandung akan melahirkan seorang putra yang dinamakannya Imanuel.”

Penggenapan: Matius 23-25 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

Mat 1:23 “Seorang perawan akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Anak itu akan dinamakan Imanuel.” (Imanuel adalah kata Ibrani yang berarti, “Allah ada bersama kita”.)

Mat 1:24 Sesudah Yusuf bangun, ia melakukan apa yang dikatakan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia menikah dengan Maria.

Mat 1:25 Tetapi selama Maria belum melahirkan anaknya itu, Yusuf tidak bercampur dengan Maria. Dan sesudah anak itu lahir, Yusuf menamakan-Nya Yesus.

Nubuat tersebut dipenuhi dengan kelahiran Yesus dari anak dara (perawan Maria). Banyak orang yang tidak percaya kalau Tuhan bisa membuat seorang perawan hamil, tanpa melakukan hubungan sex. Tetapi orang yang sama percaya bahwa Tuhan bisa membuat alam semesta dan segala isinya.

Memang benar-benar bebal pikiran orang-orang ini.Lebih mudah mana, menciptakan manusia atau menciptakan alam semesta.

16. JURU SELAMAT ADALAH SEORANG NABI

Nubuat: Ulangan 18-18 – Bahasa Indonesia Sehari-hari: “seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya”.

Penggenapan: Matius 21:11 ” Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.”

Yesus Kristus bukan hanya sebagai Tuhan, tapi dalam wujud manusianya, IA menjalankan tugas sebagai Nabi. Tugas Nabi ialah memberitahukan apa yang ALLAH beritahukan kepadanya. Atau seorang Nabi ialah sebagai perantara antara ALLAH dan UmatNYA.

17. JURU SELAMAT ITU AKAN MENJADI IMAM

Abraham menyerahkan sepersepuluh dari penghasilannya kepada Melkisedek Imam Allah yang Maha Tinggi. Diwaktu bangsa Israel dibawa keluar dari tanah Mesir, maka Suku Lewi telah ditetapkan menjadi imam-imam bagi bangsa Israel.

Setelah Yesus naik kesorga, maka IA menjadi IMAM ALLAH YANG MAHATINGGI, menurut peraturan Melkisedek.

Nubuat: Mazmur 110:4 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

“Dengan sumpah TUHAN telah berjanji, Ia tak akan menariknya kembali, “Engkaulah imam untuk selama-lamanya, seperti Melkisedek.”

Penggenapan: Ibrani 3:1

” Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus,”

Kemudian secara lebih jelas dapat dilihat dalam : Ibrani 5:7-10 – BIS

Heb 5:5 Begitu juga Kristus. Ia tidak mengangkat diri sendiri menjadi Imam Agung. Allah sendirilah yang mengangkat Dia. Allah berkata kepada-Nya, “Engkaulah Anak-Ku; pada hari ini Aku menjadi Bapa-Mu.”

Heb 5:6 Di tempat lain Allah berkata juga, “Engkau adalah Imam selama-lamanya, seperti Imam Melkisedek.”

Heb 5:7 Pada masa Yesus hidup di dunia ini, Ia berdoa dan memohon dengan teriakan dan tangis kepada Allah, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari kematian. Dan karena Ia tunduk kepada Allah dengan penuh hormat, maka Ia didengarkan.

Heb 5:8 Yesus adalah Anak Allah, tetapi meskipun begitu, Ia belajar menjadi taat melalui penderitaan-Nya.

Heb 5:9 Maka sesudah Ia dijadikan penyelamat yang sempurna, Ia menjadi sumber keselamatan yang kekal bagi semua orang yang taat kepada-Nya,

Heb 5:10 dan Allah pun menyatakan Dia sebagai Imam Agung, seperti Imam Melkisedek! Setiap imam agung dipilih dari antara umat, dan diangkat untuk melayani Allah sebagai wakil mereka. Tugasnya ialah mempersembahkan kepada Allah pemberian-pemberian dan kurban-kurban untuk pengampunan dosa.

Pada waktu itu seorang Imam Agung akan masuk kedalam Ruang Maha Kudus dalam Bait Allah sekali dalam setahun, untuk mempersembahkan korban pengampunan dosa. Tetapi sejak Yesus naik ke sorga, maka tidak diperlukan lagi adanya korban pengampunan dosa, karena Yesus sendiri telah mempersembahkan tubuhNYA untuk korban penghapusan dosa bagi setiap manusia yang percaya kepadaNYA.

Karena pengorbanannya itu, maka YESUS sekarang berperan sebagai IMAM AGUNG umatNYA di sorga, dan kita sebagai pengikutNYA, mempunyai hak untuk masuk kedalam RUANG MAHA KUDUS atau kehadapan TAHTA ALLAH BAPA, karena Imam Besar kita telah menyucikan kita dengan darahNYA yang kudus dan berkuasa.

18. JURU SELAMAT ITU AKAN MENJADI HAKIM

Nubuat: Yesaya 33:22

“Sebab TUHAN ialah Hakim kita, TUHAN ialah yang memberi hukum bagi kita; TUHAN ialah Raja kita, Dia akan menyelamatkan kita.”

Penggenapan: 2 Timotius 4:1 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

” Kristus Yesus akan datang lagi ke dunia ini untuk mengadili orang-orang yang hidup dan yang mati; dan Ia akan datang untuk memerintah sebagai Raja. Oleh sebab itu saya minta dengan sangat kepadamu di hadapan Allah dan Kristus Yesus”

Yesus Kristus akan datang lagi untuk kedua kalinya. Setelah selesai memerintah dalam kerajaan 1000 tahun, maka IA akan mengadili semua manusia di muka bumi ini. Yesaya seorang nabi Israel yang hidup 700 tahun sebelum kedatangan Mesias, telah mendapat penglihatan, bahwa sang Mesias yang adalah TUHAN sendiri, akan menjadi hakim atas seluruh manusia di muka bumi.

19. JURU SELAMAT ITU AKAN MENJADI RAJA

Nubuat: Yesaya 9:6 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

“Ia memerintah sebagai raja keturunan Daud, kekuasaannya sangat besar. Negerinya selalu damai sejahtera; pemerintahannya didasarkan atas hukum dan keadilan sekarang dan selama-lamanya. TUHAN Yang Mahakuasa pasti melaksanakannya.”

Penggenapan:Wahyu 20:4 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

Rev 20:4 Lalu saya melihat takhta-takhta, dan orang-orang yang duduk di takhta-takhta itu diberi kuasa untuk memutuskan hukuman. Saya melihat juga jiwa-jiwa orang-orang yang sudah dipenggal kepalanya karena mereka memberi kesaksian tentang Yesus, dan menyebarkan pesan dari Allah.

Orang-orang itu tidak menyembah binatang, ataupun patungnya. Mereka pun tidak pernah menerima tanda binatang itu pada dahi atau pada tangan mereka. Maka mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama Kristus selama seribu tahun.

Rev 20:5 Inilah tahap pertama orang-orang mati dibangkitkan kembali. (Tetapi orang-orang mati lainnya tidak dihidupkan kembali selama masa seribu tahun itu.)

Rev 20:6 Berbahagialah orang-orang yang turut dibangkitkan kembali pada tahap pertama itu. Mereka layak menjadi milik Allah. Kematian tahap kedua tidak berkuasa atas mereka. Mereka akan menjadi imam-imam Allah dan imam-imam Kristus; dan mereka akan memerintah bersama Dia seribu tahun lamanya.

Setelah masa kesusahan besar, maka Yesus akan datang kembali dan memerintah sebagai raja selama 1000 tahun. IA akan memerintah bersama orang-orang kudusNYA, dan IA akan memerintah dengan tangan besi.

20. JURU SELAMAT AKAN DIURAPI DENGAN ROH KUDUS

Nubuat: Yesaya 11:2

“Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;

Penggenapan: Matius 3:16-17

Mat 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air di sungai itu. Tiba-tiba langit terbuka dan Yesus melihat Roh Allah turun seperti burung merpati ke atas-Nya.

Mat 3:17 Kemudian terdengar suara Allah mengatakan, “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi. Ia menyenangkan hati-Ku.”

21. JURU SELAMAT MEMILIKI KASIH YANG BESAR KEPADA ALLAH

Nubuat: Mazmur 69:10

” sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku, dan kata-kata yang mencela Engkau telah menimpa aku.”

Penggenapan: Yohanes 2:13-15

2:13 Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem.

2:14 Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ.

2:15 Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya.

2:16 Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: “Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku menjadi tempat berjualan.”

2:17 Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: “Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku”

Yesus sangat marah melihat Bait Allah yang seharusnya menjadi tempat untuk beribadah dijadikan tempat untuk berdagang. Seharusnya pedagang-pedagang tersebut tidak menempati halaman bait suci, mereka bisa berdagang di luar bait suci.

Tetapi imam-imam pengurus bait suci bekerja sama dengan pedagang tersebut, sehingga para pedagang bebas mengadakan jual beli di halaman bait suci. Apa yang dilakukan Yesus telah dinubuatkan dalam Mazmur yang ditulis oleh Raja Daud.

22. SEORANG UTUSAN AKAN MEMPERSIAPKAN JALAN BAGI JURU SELAMAT

Sejak semula nabi Yesaya telah menubuatkan akan kedatangan Tuhan ditengah-tengah manusia. Hal ini dapat dilihat dari kata-kata dalam nubuat yang dituliskan oleh Nabi Yesaya, Nubuat tersebut berkata “persiapkanlah jalan bagi Allah”, kalau Mesias yang akan datang adalah manusia, tidak mungkin digunakan kata-kata diatas.

Nubuat: Yesaya 40:3

” Ada suara yang berseru-seru: “Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!”

Penggenapan: Matius 3:1-3

Mat 3:1 Pada waktu itu datanglah Yohanes Pembaptis di padang pasir di Yudea dan mulai berkhotbah.

Mat 3:2 “Bertobatlah dari dosa-dosamu,” katanya, “karena Allah akan segera memerintah sebagai Raja!”

Mat 3:3 Yohanes inilah orang yang dimaksudkan oleh Nabi Yesaya dalam kata-katanya ini, “Ada orang berseru-seru di padang pasir, ‘Siapkanlah jalan untuk Tuhan; ratakanlah jalan bagi Dia.'”

23. JURU SELAMAT AKAN MELAYANI DI DAERAH GALILEA

Nubuat: Yesaya 8:23

” Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain.”

Penggenapan: Matius 4: 12-15

Mat 4:13 Ia meninggalkan Nazaret, lalu tinggal di Kapernaum di pinggir Danau Galilea di daerah Zebulon dan Naftali.

Mat 4:14 Karena Yesus melakukan hal itu, terjadilah apa yang dikatakan oleh Nabi Yesaya:

Mat 4:15 “Tanah Zebulon dan tanah Naftali, di jalan ke danau, seberang Sungai Yordan, Galilea tanah orang bukan Yahudi!

Kapernaum terletak di dekat jalan utama dari Mesir menuju ke Damaskus, yang disebut orang pada waktu itu dengan istilah “Jalan Menuju ke Laut”

24. JURU SELAMAT AKAN MEMBUAT MUJIZAT DAN TANDA-TANDA AJAIB

Nubuat: Yesaya 35:5-6 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

Isa 35:5 Pada waktu itu orang buta akan dapat melihat, dan orang tuli akan dapat mendengar.

Isa 35:6 Orang lumpuh melompat-lompat seperti rusa, orang bisu bersorak-sorak gembira. Sebab mata air memancar di padang gurun, sungai mengalir di padang belantara.

Penggenapan: Matius 9:35

” Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan”

Selama Yesus berada di dunia IA melakukan banyak perkara ajaib; Orang mati dibangkitkan; IA menyembuhkan segala macam penyakit; IA mengusir setan-setan; IA memberi makan 5000 ribu orang dengan 5 roti dan 2 ikan; IA berjalan diatas air; IA menghentikan angin ribut; IA membuat air menjadi anggur dll.

Semua yang dilakukan Yesus merupakan penggenapan dari Kitab Yesaya yang mengatakan bahwa Juru Selamat akan menyembuhkan banyak orang sakit dan membuat tanda-tanda ajaib.

25. JURU SELAMAT AKAN MENGAJAR DENGAN PERUMPAMAAN

Nubuat: Mazmur 8 ayat 2

” Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala.”

Nubuat: Yesaya 6:9-10 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

Isa 6:9 Lalu Ia menyuruh saya pergi membawa pesan ini kepada umat: “Kamu akan terus mendengarkan, tetapi tidak mengerti. Kamu akan terus memperhatikan, tetapi tidak tahu apa yang terjadi.”

Isa 6:10 Lalu berkatalah Ia kepada saya, “Tumpulkanlah pikiran orang-orang itu, tulikan telinganya dan butakan matanya, supaya mereka jangan melihat, mendengar atau mengerti, lalu berbalik kepada-Ku dan menjadi sembuh.”

Penggenapan: Matius 13: 34-35 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

Mat 13:34 Semuanya diajarkan Yesus kepada orang banyak dengan memakai perumpamaan.

Mat 13:35 Dengan demikian terjadilah yang dikatakan oleh nabi, “Aku memakai perumpamaan kalau berbicara dengan mereka; Aku akan memberitakan hal-hal yang tersembunyi semenjak terjadinya dunia ini.”

Penggenapan: Lukas 8: 9-10

Luk 8:9 Pengikut-pengikut Yesus menanyakan kepada-Nya arti dari perumpamaan itu.

Luk 8:10 Yesus menjawab, “Kalian sudah diberi anugerah untuk mengetahui rahasia tentang bagaimana Allah memerintah sebagai Raja. Tetapi orang-orang lain diajar dengan perumpamaan, supaya mereka memperhatikan, tetapi tidak tahu apa yang terjadi; dan mereka mendengar, tetapi tidak mengerti.”

26. JURU SELAMAT ITU AKAN MEMASUKI BAIT ALLAH

Nubuat: Maleakhi 3:1

“Jawab TUHAN Yang Mahakuasa, “Aku akan mengirim utusan-Ku untuk menyiapkan jalan bagi-Ku. Maka dengan tiba-tiba Aku, TUHAN yang kamu cari, akan datang ke Rumah-Ku. Utusan-Ku yang kamu rindukan itu akan datang dan mengumumkan perjanjian-Ku.”

Penggenapan: Matius 24:1-2

Mat 24:1 Ketika Yesus meninggalkan Rumah Tuhan, pengikut-pengikut-Nya datang kepada-Nya dan menunjuk ke bangunan-bangunan Rumah Tuhan itu.

Mat 24:2 Yesus berkata kepada mereka, “Apakah kalian melihat semuanya itu? Ketahuilah, tidak ada satu batu pun dari bangunan-bangunan itu akan tinggal tersusun pada tempatnya. Semuanya akan dirobohkan.”

Nubuat yang ditulis oleh Nabi Maleakhi mengatakan bahwa Juru Selamat akan memasuki Bait Allah. Yesus sang Juru Selamat memang telah memasuki Bait Suci, dan seperti yang IA katakan kepada murid-muridnya pada tahun 70 M, Bait Suci Allah dihancurkan oleh Titus.

27. JURU SELAMAT AKAN MEMASUKI YERUSALEM DENGAN MENUNGGANG SEKOR KELEDAI

Nubuat: Zakharia 9:9

“Hai penduduk Sion, bergembiralah! Hai penduduk Yerusalem, bersoraklah! Lihatlah! Rajamu datang dengan kemenangan! Ia raja adil yang membawa keselamatan. Tetapi penuh kerendahan hati ia tiba mengendarai keledai, seekor keledai muda. ”

Penggenapan: Matius 21:1-7

Mat 21:2 “Pergilah ke kampung yang di depan itu,” pesan Yesus kepada mereka. “Segera kalian akan melihat seekor keledai terikat bersama anaknya. Lepaskanlah keduanya dan bawa kemari.

Mat 21:3 Kalau ada orang menanyakan sesuatu, katakan kepada orangnya, ‘Tuhan memerlukannya’, maka orang itu dengan segera akan membiarkan keledai itu dibawa.”

Mat 21:4 Hal itu demikian supaya terjadilah apa yang dikatakan oleh nabi sebagai berikut,

Mat 21:5 “Katakanlah kepada Sion, Rajamu sedang datang kepadamu. Ia rendah hati dan menunggang seekor keledai, seekor anak keledai yang muda.”

Peristiwa Yesus memasuki Yerusalem dengan menaiki keledai muda telah dinubuatkan oleh nabi Zakharia yang hidup sekitar 500 tahun sebelum kelahiran Yesus.

28. JURU SELAMAT AKAN MENJADI BATU SANDUNGAN BAGI BANGSA YAHUDI

Nubuat: Mazmur 118:22

” Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru.”

Penggenapan: 1 Petrus 2: 6-8 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

1Pe 2:6 Karena di dalam Alkitab tertulis begini, “Aku telah memilih sebuah batu berharga, yang Kutempatkan di Sion sebagai batu utama; dan orang yang percaya kepada-Nya tidak akan dikecewakan.”

1Pe 2:7 Batu itu sangat berharga untuk kalian yang percaya. Tetapi bagi orang-orang yang tidak percaya, berlakulah ayat-ayat Alkitab berikut ini, “Batu yang tidak terpakai oleh tukang-tukang bangunan itu ternyata menjadi batu yang terutama,”

1Pe 2:8 dan “Itulah batu yang membuat orang tersandung, batu yang membuat mereka jatuh.” Mereka tersandung sebab mereka tidak percaya akan perkataan Allah. Begitulah sudah ditentukan Allah mengenai mereka.

29. JURU SELAMAT AKAN MENJADI TERANG BAGI BANGSA-BANGSA LAIN

Nubuat: Yesaya 42:6-7

Isa 42:6 “Aku, TUHAN, memanggil dan menugaskan engkau untuk menjalankan keadilan. Engkau Kubimbing dan Kupelihara untuk menjadi perjanjian bagi umat manusia, dan cahaya bagi semua bangsa.

Isa 42:7 Untuk membuka mata orang buta, dan membebaskan orang dari kegelapan penjara.

Penggenapan: Matius 4:16 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

“Bangsa yang hidup di dalam kegelapan telah melihat terang yang cemerlang! Bagi yang diam dalam negeri kegelapan maut telah terbit cahaya terang!”

Penggenapan: Lukas 2:31-32

Luk 2:31 Penyelamat itu Engkau telah siapkan untuk segala bangsa:

Luk 2:32 bagaikan terang yang menerangi jalan bagi bangsa-bangsa yang lain, untuk datang kepada-Mu; yaitu terang yang mendatangkan kehormatan bagi umat-Mu Israel.”

30. JURU SELAMAT ITU AKAN DIHIANATI OLEH SAHABATNYA SENDIRI

Nubuat: Mazmur 41:10

“Bahkan sahabat karibku yang kupercayai, yang makan rotiku, telah mengangkat tumitnya terhadap aku.”

Penggenapan: Yohanes 13:18-21. 13:18 Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku.

13:19 Aku mengatakannya kepadamu sekarang juga sebelum hal itu terjadi, supaya jika hal itu terjadi, kamu percaya, bahwa Akulah Dia.

13:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia yang mengutus Aku.”

13:21 Setelah Yesus berkata demikian Ia sangat terharu, lalu bersaksi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku.

Salah seorang murid Yesus yang bernama Yudas Iskariot menghianati Yesus, dan menyerahkan IA kepada Imam-imam Kepala. Raja Daud telah mengetahui sebelumnya bahwa Sang Mesias akan dihianati oleh sahabatnya sendiri, nubuat ini ia tuliskan dalam mazmur.

31. JURU SELAMAT AKAN DIKHIANATI DENGAN UANG 30 KEPING PERAK

Nubuat: Zakharia 11:13

” Lalu aku berkata kepada mereka: “Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah!” Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak”

Penggenapan: Matius 26:14-16 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

Mat 26:14 Lalu seorang dari kedua belas pengikut Yesus, yang bernama Yudas Iskariot, pergi kepada imam-imam kepala. ”

Mat 26:15 Ia berkata kepada mereka, “Apakah yang akan kalian berikan kepadaku kalau aku menyerahkan Yesus kepadamu?” Maka mereka menghitung tiga puluh uang perak, lalu memberikan uang itu kepadanya.

Nabi Zakharia yang diperkirakan hidup antara tahun 520 – 480 SM telah meramalkan bahwa Sang Mesias akan dikhianati dan nilai pengkhianatan tersebut sebesar 30 keping perak. Bagaimana mungkin seseorang dapat menubuatkan suatu peristiwa yang akan terjadi 500 tahun yang akan datang dengan tepat. Hanya TUHAN yang sanggup.

32. UANG PENGKHIANATAN TERSEBUT AKAN DILEMPARKAN KEDALAM BAIT SUCI

Nubuat: Zakharia 11-13

” Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Serahkanlah itu kepada penuang logam!” — nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak itu dan menyerahkannya kepada penuang logam di rumah TUHAN”

Penggenapan: Matius 27:5

” Yudas melempar uang itu ke dalam Rumah Tuhan, lalu pergi dan menggantung diri.”

Yudas Iskariot seorang murid Yesus yang mengkhianati Tuhannya, setelah melihat Yesus ditangkap menyesali perbuatannya, dan ia mengembalikan uang yang diterimanya dari Imam-imam, tetapi imam-imam tersebut tidak mau menerima pengembalian uangnya, karena sangat menyesal, maka Yudas

menggantung dirinya disebuah pohon

33. UANG PENGKHIANATAN TERSEBUT DIBELIKAN “TANAH TUKANG PRIUK”

Nubuat: Zakharia 11-13

” Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Serahkanlah itu kepada penuang logam!” — nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak itu dan menyerahkannya kepada penuang logam di rumah TUHAN”

Penggenapan: Matius 27:6-10

27:6 Imam-imam kepala mengambil uang perak itu dan berkata: “Tidak diperbolehkan memasukkan uang ini ke dalam peti persembahan, sebab ini uang darah.”

27:7 Sesudah berunding mereka membeli dengan uang itu tanah yang disebut Tanah Tukang Periuk untuk dijadikan tempat pekuburan orang asing.

27:8 Itulah sebabnya tanah itu sampai pada hari ini disebut Tanah Darah.

27:9 Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: “Mereka menerima tiga puluh uang perak, yaitu harga yang ditetapkan untuk seorang menurut penilaian yang berlaku di antara orang Israel,

27:10 dan mereka memberikan uang itu untuk tanah tukang periuk, seperti yang dipesankan Tuhan kepadaku.”

34. JURU SELAMAT AKAN DITINGGAL MURID-MURIDNYA

Nubuat: Zakharia 13:7

“Hai pedang, bangkitlah terhadap gembala-Ku, terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!”, demikianlah firman TUHAN semesta alam. “Bunuhlah gembala, sehingga domba-domba tercerai-berai! Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah”

Penggenapan: Markus 14:27; 50

14:27 Lalu Yesus berkata kepada mereka: “Kamu semua akan tergoncang imanmu. Sebab ada tertulis: Aku akan memukul gembala dan domba-domba itu akan tercerai-berai

14:50 “Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.”

Setelah Yesus ditangkap, maka murid-muridNYA semuanya meninggalkan DIA, dan lari menyembunyikan diri. Itulah sifat orang-orang terdekat yang telah hidup dengan Yesus selama 3 1/2 tahun. Tetapi setelah pencurahan Roh Kudus atas mereka, maka mereka menjadi orang yang paling pemberani di dunia. Semua murid Yesus (kecuali Yohanes), mati menjadi martir.

35. SAKSI-SAKSI DUSTA AKAN MELONTARKAN TUDUHAN PALSU MENYERANG JURU SELAMAT

Nubuat: Mazmur 35:11

“Saksi-saksi jahat bangkit melawan aku, dan menuduh aku melakukan hal-hal yang tidak kuketahui.”

Penggenapan: Matius 26:59-60

Mat 26:59 Imam-imam kepala dan seluruh Mahkamah Agama berusaha mendapat kesaksian palsu untuk dapat menjatuhkan hukuman mati ke atas Yesus.

Mat 26:60 Tetapi mereka tidak mendapat satu bukti pun, meskipun banyak yang maju sebagai saksi dusta. Akhirnya ada dua orang yang tampil ke depan.

36. JURU SELAMAT AKAN DIAM DIHADAPAN PENUDUHNYA

Nubuat: Yesaya 53:7

” Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.”

Penggenapan: Matius 27:12

” Tetapi atas tuduhan yang diajukan imam-imam kepala dan tua-tua terhadap Dia, Ia tidak memberi jawab apapun”

Pada masa itu apabila seseorang bersalah maka paling sedikit harus ada dua saksi yang menyaksikan orang tersebut melakukan kesalahan. Karena tidak menemukan kesalahan apapun pada Yesus, maka Imam-imam tersebut menyewa orang-orang yang melakukan tuduhan palsu terhadap Yesus.

37. JURU SELAMAT AKAN DIPUKUL DAN DILUDAHI

Nubuat: Yesaya 50:6

” Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi.”

Penggenapan: Matius 26:67

” Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia,”

38. JURU SELAMAT AKAN DIANIAYA DAN DILUKAI

Nubuat: Yesaya 53:5

” Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.”

Penggenapan: Matius 27:26

” Lalu ia membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan.”

39. JURU SELAMAT AKAN DIOLOK-OLOK

Nubuat: Mazmur 22:7-9

22:7 Tetapi aku ini ulat dan bukan orang, cela bagi manusia, dihina oleh orang banyak.

22:8 Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya:

22:9 “Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya

Penggenapan: Matius 27:38-43

27:38 Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri-Nya.

27:39 Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala,

27:40 mereka berkata: “Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu jikalau Engkau Anak Allah, turunlah dari salib itu!”

27:41 Demikian juga imam-imam kepala bersama-sama ahli-ahli Taurat dan tua-tua mengolok-olokkan Dia dan mereka berkata:

27:42 “Orang lain Ia selamatkan, tetapi diri-Nya sendiri tidak dapat Ia selamatkan! Ia Raja Israel? Baiklah Ia turun dari salib itu dan kami akan percaya kepada-Nya.

27:43 Ia menaruh harapan-Nya pada Allah: baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya! Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah.

40. JURU SELAMAT AKAN DITOLAK OLEH BANGSANYA SENDIRI

Nubuat: Yesaya 53:3

“Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan.”

Penggenapan: Lukas 23: 21-23

23:21 Tetapi mereka berteriak membalasnya, katanya: “Salibkanlah Dia! Salibkanlah Dia!”

23:22 Kata Pilatus untuk ketiga kalinya kepada mereka: “Kejahatan apa yang sebenarnya telah dilakukan orang ini? Tidak ada suatu kesalahan pun yang kudapati pada-Nya, yang setimpal dengan hukuman mati. Jadi aku akan menghajar Dia, lalu melepaskan-Nya.”

23:23 Tetapi dengan berteriak mereka mendesak dan menuntut, supaya Ia disalibkan, dan akhirnya mereka menang dengan teriak mereka.

Nubuat yang ditulis oleh nabi-nabi dalam Alkitab Perjanjian Lama, ialah nubuat-nubuat yang ditulis berdasarkan penglihatan atau ditulis berdasarkan petunjuk dari Roh Allah. Tidak pernah ada nubuat yang sangat akurat seperti yang tertulis dalam Alkitab

41. TANGAN DAN KAKI JURU SELAMAT AKAN DITUSUK PAKU

Nubuat: Mazmur 22:17

“Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.”

Penggenapan: Lukas 23:33

” Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ dan juga kedua orang penjahat itu, yang seorang di sebelah kanan-Nya dan yang lain di sebelah kiri-Nya.”

Kematian Yesus dikayu salib dikerumuni oleh imam-imam dan pengikut-pengikutnya. Mereka mengejek, mencemooh dan menghina Yesus.

42. JURU SELAMAT AKAN MATI DIANTARA PENYAMUN-PENYAMUN

Nubuat: Yesaya 53:12

” Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.”

Penggenapan: Matius 27:38

“Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiri-Nya.”

Penjahat disebelah kanan dan kiri Yesus adalah orang yang benar-benar pantas disalib, mereka adalah penjahat-penjahat pada masa itu. Tetapi anugerah ALLAH tak terbatas, salah seorang dari penjahat tersebut, malah masuk sorga.

43. JURU SELAMAT AKAN BERDOA BUAT MUSUH-MUSUHNYA

Nubuat: Yesaya 53:12

” Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.”

Penggenapan: Lukas 23:34

” Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.”

Yesus tidak pernah membenci manusia. Tidak mungkin IA membenci manusia, karena kedatanganNYA di dunia untuk menebus dosa manusia. Oleh karena itu IA mohon pengampunan buat orang-orang yang membenciNYA, karena IA tahu dibelakang semua itu adalah pekerjaan si JAHAT.

44. JURU SELAMAT AKAN DIMUSUHI TANPA ALASAN

Nubuat: Mazmur 69:5

“Orang-orang yang membenci aku tanpa alasan lebih banyak dari pada rambut di kepalaku; terlalu besar jumlah orang-orang yang hendak membinasakan aku, yang memusuhi aku tanpa sebab; aku dipaksa untuk mengembalikan apa yang tidak kurampas.”

Penggenapan: Yohanes 15:25

“Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.”

45. JURU SELAMAT AKAN DIJAUHI SAHABAT-SAHABATNYA

Nubuat: Mazmur 38:12

” Sahabat-sahabatku dan teman-temanku menyisih karena penyakitku, dan sanak saudaraku menjauh.”

Penggenapan: Lukas 23:49

” Semua orang yang mengenal Yesus dari dekat, termasuk perempuan-perempuan yang mengikuti Dia dari Galilea, berdiri jauh-jauh dan melihat semuanya itu.”

46. ORANG-ORANG AKAN MENGGELENGKAN KEPALANYA KEPADA JURU SELAMAT

Nubuat: Mazmur 109:25

” Aku telah menjadi cela bagi mereka; melihat aku, mereka menggelengkan kepalanya.”

Penggenapan: Matius 27:39

” Orang-oang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala,”

47. ORANG-ORANG HANYA AKAN MEMANDANGI JURUSELAMAT YANG MENDERITA

Nubuat: Mazmur 22:18

” Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku.”

Penggenapan: Lukas 23:35

” Orang banyak berdiri di situ dan melihat semuanya…”

48. JUBAH JURU SELAMAT AKAN DIUNDI DAN DIBAGI

Nubuat: Mazmur 22:19

” Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.”

Penggenapan: Yohanes 19:23-24

19:23 Sesudah prajurit-prajurit itu menyalibkan Yesus, mereka mengambil pakaian-Nya lalu membaginya menjadi empat bagian untuk tiap-tiap prajurit satu bagian — dan jubah-Nya juga mereka ambil. Jubah itu tidak berjahit, dari atas ke bawah hanya satu tenunan saja.

19:24 Karena itu mereka berkata seorang kepada yang lain: “Janganlah kita membaginya menjadi beberapa potong, tetapi baiklah kita membuang undi untuk menentukan siapa yang mendapatnya.” Demikianlah hendaknya supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci: “Mereka membagi-bagi pakaian-Ku di antara mereka dan mereka membuang undi atas jubah-Ku.” Hal itu telah dilakukan prajurit-prajurit itu

Prajurit-prajurit Romawi pada saat itu menerima gaji dengan upah yang minimal, oleh karena itu setiap jubah milik penjahat yang digantung akan mereka ambil. Jubah Yesus sendiri adalah jubah yang mahal, karena jubah Yesus terbuat dari satu tenunan tanpa ada jahitan di kedua sisinya.

49. JURU SELAMAT AKAN MENDERITA HAUS/DAHAGA

Nubuat: Mazmur 69:22

“Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.”

Penggenapan: Yohanes 19:28

” Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia — supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci –: “Aku haus!”

50. JURU SELAMAT AKAN DIBERIKAN ANGGUR ASAM BERCAMPUR EMPEDU

Nubuat: Mazmur 69:22

“Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.”

Penggenapan: Matius 27:34

” Lalu mereka memberi Dia minum anggur bercampur empedu. Setelah Ia mengecapnya, Ia tidak mau meminumnya.”

Penjahat-penjahat yang digantung dikayu salib apabila minta minum akan diberikan anggur asam bercampur empedu. Tujuan diberikannya anggur asam tersebut ialah sebagai obat bius, untuk mengurangi rasa sakit yang diderita, tetapi Yesus menolak minuman peringan rasa sakit tersebut.

51. JURUSELAMAT AKAN BERTERIAK DENGAN SUARA NYARING KEPADA BAPANYA

Nubuat: Mazmur 22:2

“Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku.”

Penggenapan: Matius: 27:46

“Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?.”

Nubuat yang sangat luar biasa sampai kata-kata yang dikeluarkan dari mulut Yesus sama persis dengan nubuat yang ditulis oleh Raja Daud 900 tahun sebelum kelahiran Mesias. Apakah hal ini hanya secara kebetulan?

52. JURU SELAMAT AKAN MENYERAHKAN DIRINYA KEPADA ALLAH

Nubuat: Mazmur 31:6

” Ke dalam tangan-Mulah kuserahkan nyawaku; Engkau membebaskan aku, ya TUHAN, Allah yang setia.”

Penggenapan: Lukas 23:46

“Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.”

53. TIDAK SATUPUN TULANG-TULANG JURUSELAMAT AKAN PATAH

Nubuat: Mazmur 34:21

“Ia melindungi segala tulangnya, tidak satu pun yang patah.”

Penggenapan: Yohanes 19:33

“tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya.”

Untuk memastikan kematian seseorang yang tergantung di kayu salib, biasanya para prajurit akan mematahkan kaki terpidana. Karena dengan dipatahkan kakinya, akan mempercepat kematian orang tersebut. Pada waktu Yesus diperiksa, didapati IA telah meninggal, maka prajurit tersebut tidak perlu mematahkan kakiNYA.

54. HATI (LEVER) JURU SELAMAT AKAN HANCUR

Nubuat: Mazmur 22:15

” Seperti air aku tercurah, dan segala tulangku terlepas dari sendinya; hatiku menjadi seperti lilin, hancur luluh di dalam dadaku;”

Penggenapan: Yohanes 19:34

“tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.”

Keluarnya darah dan air dari lambung Yesus menandakan bahwa lever Yesus telah hancur dan Yesus sudah mati cukup lama. Dan komponen-komponen dalam darah mulai memisahkan diri dari komponen aslinya.

55. LAMBUNG JURU SELAMAT AKAN DITUSUK

Nubuat: Zakharia 12:10

“Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung.”

Penggenapan: Yohanes 19:34

“tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.”

56. KEGELAPAN AKAN MENYELIMUTI DAERAH TERSEBUT DARI TENGAH HARI SAMPAI JAM 3 SORE

Nubuat: Amos 8:9

” Pada hari itu akan terjadi,” demikianlah firman Tuhan ALLAH, “Aku akan membuat matahari terbenam di siang hari dan membuat bumi gelap pada hari cerah.”

Penggenapan: Matius 27:45

“Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga.”

Diwaktu Yesus mati, maka terjadi gempa yang cukup hebat, dan tirai yang memisahkan Ruang Kudus dan Maha Kudus di Bait Suci tersobek menjadi 2 bagian. Kegelapan juga meliputi daerah tersebut, sehingga orang-orang yang menonton penyaliban tersebut menjadi ketakutan dan banyak yang berlarian.

57. JURU SELAMAT AKAN DIKUBURKAN DI SEBUAH MAKAM MILIK SEORANG KAYA

Nubuat: Yesaya 53:9 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

“Ia dikuburkan bersama orang jahat; makamnya di tengah-tengah orang kaya, walaupun ia tak pernah melakukan kejahatan, dan tak pernah menipu.”

Penggenapan: Lukas 23:35 – Bahasa Indonesia Sehari-hari

Mat 27:57 Malam itu datanglah seorang kaya dari Arimatea, yang bernama Yusuf. Ia juga pengikut Yesus.

Mat 27:58 Ia pergi kepada Pilatus, dan minta jenazah Yesus. Lalu Pilatus memerintahkan supaya jenazah Yesus diberikan kepadanya.

Mat 27:59 Maka Yusuf mengambil jenazah itu, dan membungkusnya dengan kain kapan dari linen yang baru.

Mat 27:60 Lalu ia meletakkan jenazah Yesus di dalam kuburan kepunyaannya sendiri yang dibuat di dalam sebuah bukit batu. Sesudah itu ia menggulingkan sebuah batu besar menutupi pintu kubur itu, lalu pergi.

58. JURU SELAMAT AKAN BANGKIT DARI ANTARA ORANG MATI

Nubuat: Mazmur 16:10

“sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.”

Penggenapan: Markus 16:6

“tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.”

59. JURU SELAMAT NAIK KE SORGA

Nubuat: Mazmur 68:19

” Engkau telah naik ke tempat tinggi, telah membawa tawanan-tawanan; Engkau telah menerima persembahan-persembahan di antara manusia, bahkan dari pemberontak-pemberontak untuk diam di sana, ya TUHAN Allah.”

Penggenapan: Kisah 1:9

” Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.”

Sebelum naik ke sorga, Yesus memberikan perintah terakhirnya yang dikenal dengan AMANAT AGUNG yaitu, “Jadikanlah semua bangsa muridKU dan baptislah mereka dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus”. Amanat tersebut hampir terpenuhi pada saat ini, hampir seluruh suku bangsaKabar Baik tentang Yesus Kristus.

di muka bumi telah mendengar

60. JURU SELAMAT AKAN DUDUK DI SEBELAH KANAN ALLAH BAPA

Nubuat: Mazmur 110:1

“Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.”

Penggenapan: Ibrani 1:3

“Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,”

Dilihat dari nubuat-nubuat yang ada diatas, maka tidak mungkin seseorang dapat dengan tepat melakukan semua yang telah dinubuatkan ribuan sampai ratusan tahun sebelum IA lahir. Mungkin ada beberapa manusia yang dapat memenuhi beberapa nubuat seperti tertulis diatas, tetapi untuk memenuhi semua nubuat adalah hal yang mustahil.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi brother and sister yang selama ini hanya mengetahui Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat, tetapi tidak pernah mengetahui dengan jelas bahwa kedatanganNYA di muka bumi telah dinubuatkan dari 4000 tahun sebelum kelahiranNYA, dan nubuat itu berlanjut terus sampai sekitar 500 tahun sebelum kelahiranNYA di dunia.

Nubuat tentang kedatangan Mesias masih banyak lagi dalam Alkitab yang tidak ditulis dalam artikel ini. (* pemerhati masalah kekristenan di Indonesia. Berkeluarga mempunyai dua orang anak, dan tinggal di Jakarta}

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s