SEKRETARIAT REGIONAL CTI DIBANGUN DI SULUT

Finish, Sekretariat Regional CTI di Manado

Gedung Sekretariat Regional CTI di Manado, dibiayai dengan dana APBN sebesar Rp 50 M.

Satu lagi perjuangan Gubernur Sinyo Harry Sarundajang mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Setelah melakukan berbagai lobby, Sarundayang akhirnya berhasil meyakinkan Pemerintah Indonesia untuk menetapkan Manado, Sulawesi Utara sebagai Sekretariat Regional Coral Triangle Initiatif (CTI).[….]

Usai pertemuan di kantor Kementerian DKP, Kamis (22/4) yang dipimpin Menteri Kelautan dan Perikanan, DR Fadel Muhammad dan dihadiri Sekretaris Menko Kesra, DR Dwisuryo Indroyono Soesilo serta pejabat eselon satu dan dua di Kementerian DKP,  Gubernur Sarundajang, menjelaskan, Pemprop siap membantu pembangunan sekretariat  yang dibiayai dengan dana APBN sebesar  Rp 50 milar, menyusul ditetapkannya Manado sebagai Sekretariat Regional CTI. “Pemprop pun sudah menyiapkan lahan seluas dua hektar untuk keperluan pembangunan gedung sekretariat,” kata Gubernur didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi, Ir. Xandramaya Lalu.

Ditambahkan Sarundajang, Pemprop akan segera mempersiapkan SDM dan membuat jadwal pembangunan kantor sekretariat serta mempersiapkan informasi tentang lankah-langkah strategis yang segera diambil menyusul penetapan Manado sebagai Sekretariat Regional CTI untuk kemudian dilaporkan kepada Negara-negara anggota CTI.

Selain itu, kata Gubernur, pihaknya akan segera mempersiapkan  pelaksanaan pertemuan pejabat tinggi (Senior Official Meeting/SOM) di Jakarta. SOM ini akan dihadiri seluruh Duta Besar dienam Negara angota CTI, masing-masing Indonesia, Timor Leste, Filipina, Malaysia, Papua Niugini, dan Kepulauan Solomon. Kawasan di enam Negara ini memiliki 75 persen jenis karang di dunia dan lebih dari 3.000 spesies ikan sekaligus tempat bertelur dan berkembang biak ikan tuna.

Pada bagian lain, Gubernur atas nama rakyat Sulawesi Utara menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesian yang mempercayakan Manado sebagai Sekretariat Regional CTI yang dipastikan akan berpengaruh besar terhadap pembanguan dan perekonomian di daerah Nyiur Melambai ini. “Untuk itu, Pemprop bersamasama rayat Sulut akan komitmen mendukung pelaksanaan pembangunan kantor dan operasional sekretariat ,” demikian Gubernur Sarundajang.

Sebelumnya, penentuan lokasi sekretariat regional Prakarsa Segitiga Terumbu Karang di Indonesia sudah mencuat menyusul hasil pertemuan pejabat tinggi (senior official meeting) ke-4 di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, pada 16-20 Oktober 2009 lalu, ketika Indonseia sudah ditetapkan sebagai sekretariat sementara CTI hingga tahun 2011.

Michael Umbas, Koordinator Media Center SHS, saat ditemui di Jakarta, menjelaskan, masyarakat Sulawesi Utara patut berbangga dengan terobosan yang dilakukan Gubernur Sarundajang mengolkan Manado sebagai Sekretarian Regional CTI. “Ini merupakan salah satu pembuktian kemampuan seorang SHS sebagai pemimpin daerah yang berpikir kedepan. Sebab, dengan ditetapkan Manado sebagai Sekretariat Regional CTI, dipastikan berbagai even seperti pertemua-pertemuan dalam kaitan pemantapan program CTI akan berlangsung di Sulut,” demikian Umbas. (B. Wilson Lumi, Pemred Cahya Siang/Penjab CSOB))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s