PEMERINTAH SIAPKAN RP 2 TRILIUN ANTISIPASI KRISIS PANGAN

wilson_lumi@yahoo.co.id

Untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim terhadap pangan dunia, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 2 triliun. Dikhawatirkan, imbas perubahan iklim terhadap pangan negeri ini menjadi kenyataan. Harga pangan dunia kini sudah mulai merangkak naik. […..]

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, dana kontingensi disediakan dan semua langkah antisipasi telah disiapkan. Hatta menyebutkan, pemerintah telah mencadangkan Rp2 triliun untuk itu. Dana kontingensi dalam APBN 2010 itu terdiri atas dana cadangan beras sebesar Rp1 triliun dan dana stabilisasi harga Rp 1 triliun.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, saat ini terjadi kecenderungan harga pangan dunia mengalami kenaikan karena penurunan produksi pangan dunia akibat perubahan iklim.

Dicontohkannya, Rusia dilanda gelombang panas sehingga produksi gandum turun hingga 20 persen yang menyebabkan negara itu langsung menghentikan ekspor gandum. Langkah tersebut diikuti oleh negara lain sehingga komoditas lain ikut mengalami kenaikan harga.

Melihat kondisi demikian, pemerintah mengantisipasinya dengan menyediakan dana cadangan meski imbasnya belum benar-benar dirasakan di negeri kita. Sudah sewajarnya kita belajar dari pengalaman tahun 2008 di mana saat itu terjadi krisis pangan dunia namun Indonesia justeru mengalami surplus. Minimal ada empat langkah dilakukan pemerintah untuk mengatasi dampak krisis pangan dunia.

Seperti dikatakan Hatta, keempat langkah itu adalah menjaga produktivitas pangan tetap tumbuh, membiasakan adaptasi dengan iklim yang berubah, dan tetap menjaga stabilitas harga pangan seperti melalui operasi pasar, pasar murah, dan percepatan penyaluran raskin.

Di samping itu, pemerintah juga memberikan perlindungan kepada petani dengan penyaluran pupuk, penyediaan lahan, dan subsidi benih. Suplai beras saat ini sekitar 3,4 juta ton, sehingga stok beras nasional aman posisinya.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s