Menangkan Indonesia dari Kemiskinan

tnp2k.wapres.go.id

Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (P2K) optimis akan memberi dampak positif dalam hal mewujudkan kesejahteraan rakyat secara merata. Optimisme ini terlihat nyata dalam keprihatinan Presiden SBY, yang dalam berbagai kesempatan selalu menegaskan  keinginan pemerintahannya mengakse­lerasi penanggulangan kemiskinan lebih cepat lagi. Penegasan inipun didukung dengan hadirnya Perpres RI No 15/2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (P2K). […..]

Dalam Perpres tersebut, ditegaskan bahwa dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, program-program agar terfokus pada instrument penanggulangan kemiskinan. Instrumen penanggulangan kemiskinan tersebut, yakni bantuan social terpadu berbasis keluarga. Tujuannya, melakukan pemenuhan hak dasar, pengurabngan beban hidup, dan perbaikan kualitas hidup masyarakat miskin. Program tersebut, diantaranya, PKH/Program Keluarga Harapan, Raskin/beras untuk rakyat miskin, dan Jamkesmas/Jaminan kesehatan masyarakat. (Sasaran program, Individu atau Rumah Tangga).

Berikutnya, penanggulangan kemiskinan berbasi pemberdayaan masyarakat.  Tujuannya mengenbangkan potensi dan memperkuat kapasitas kelompok masyarakat miskin untuk terlibat dalam pembangunan yang didasarkan pada prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat, seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Secara bertahap, seluruh program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat yang ada di berbagai kementerian/lembaga akan diharmonisasikan ke dalam PNPM Mandiri. (Sasarannya Komunitas).

Selanjutnya, adalah penanggulangan kemiskinan berbasis Pemberdayaan Usaha Ekonomi Mikro Kecil (UMK). Kelompok program ini bertujuan memberikan akses dan penguatan ekonomi bagi pelaku usaha berskala mikro dan kecil, diantaranya program KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Terlepas dari sejumlah pro maupun kontra yang ada, bagi masyarakat program tersebut sudah dirasakan begitu bermanfaat bagi warga miskin. Intinya, program-program bantuan tersebut merupakan bagian dari program percepatan penanggulangan kemiskinan.

Bantuan Berbasis Keluarga

Bantuan sosial yang akan diberikan kepada keluarga miskin (benefits) mencakup, (1) bantuan langsung kepada keluarga sasaran. Bantuan dapat berupa bantuan langsung tunai bersyarat (Program Keluarga Harapan/PKH), bantuan langsung tunai tanpa syarat, bantuan langsung dalam bentuk inkid misalnya pemberian beras bagi masyarakat rentan seperti mereka yang cacat, lansia, yatim/piatu dan sejenisnya. (2) bantuan pendidikan berupa beasiswa dan pendidikan anak usia dini. (3) bantuan kesehatan termasuk pendidikan bagi orang tua berkaitan dengan kesehatan dan gizi (parenting education) melalui pemberi pelayanan kesehatan yang ditunjuk. (4) bantuan tunai untuk penanggulangan pengangguran sementara (cash for work).

Peserta program yang bersinggungan dengan kluster satu adalah anggota keluarga yang berasal dari rumah tangga yang termasuk kategori miskin atau dekat miskin. Peserta program bersifat closed ended dan eligibilitas peserta diperoleh melalui proses means-testing yang dilakukan oleh BPS.

Dari pengalaman empiris penentuan rumah tangga miskin melalui proses seperti ini menujukkan akurasi yang lebih tinggi dibanding dengan menggunakan cara lain.

Bantuan langsung pertama merupakan bantuan langsung bersyarat yang sekarang sudah berjalan sebagai pilot adalah PKH. Program ini merupakan program bantuan sosial melalui pemberian uang tunai kepada keluarga yang berasal dari rumah tangga miskin, dimana sebagai imbalannya keluarga penerima diwajibkan menyekolahkan anaknya dengan tingkat keha­diran sesuai dengan ketentuan dan atau memeriksakan kehamilan bagi ibu hamil. PKH dimaksudkan untuk meberikan insentif bagi keluarga untuk menyekolahkan anaknya serta memeriksakan kesehatan anak mereka ke Puskesmas.

Dengan demikian PKH akan meningkatkan partisipasi sekolah bagi kelompok masyarakat miskin melalui, penentuan sasaran keluarga miskin yang lebih akurat melalui means-testing, dan memasukkan mereka yang tidak berada di sekolah seperti pekerja anak untuk kembali ke bangku sekolah. Selain itu, PKH diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat miskin agar tidak tertinggal dengan mereka yang lebih mampu melalui penentuan sasaran keluarga yang lebih akurat.

Pelaksanaan PKH lebih rumit dibandingkan dengan pelaksanaan program bantuan langsung tanpa syarat. PKH membutuhkan verifikasi kehadiran siswa di sekolah serta kehadiran di Puskesmas sebelum uang tunai dapat diberikan. Bantuan langsung tunai tanpa syarat dapat diberikan sewaktu-waktu bila diperlukan. Bantuan ini diberikan bila terjadi guncangan ekonomi atau terjadi perubahan kebijakan ekonomi yang dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat miskin. Pemberian bantuan langsung tanpa syarat tersebut dimaksudkan agar tingkat kesejahteraan masyarakat miskin tidak menurun pada saat guncangan ekonomi terjadi.

Sementara bantuan langsung lainnya diberikan dalam bentuk inkid seperti pemberian beras bagi masyarakat miskin (Raskin). Bantuan langsung selanjutnya yakni yang diberikan kepada penduduk rentan, seperti mereka yang cacat, lanjut usia (lansia), yatim piatu dan sebagainya.

Bantuan pendidikan dalam bentuk beasiswa untuk SD, dan SMP diberikan bagi mereka yang berasal dari keluarga miskin. Beasiswa serupa juga diberikan kepada mereka yang berada pada jenjang  SMA dan Perguruan Tinggi. Kriteria bagi penerima beasiswa SMA dan PT, selain mereka harus berasal dari keluarga miskin, kriteria tambahan diberlakukan yakni harus berprestasi. Jadi, pemberian beasiswa akan melihat prestasi siswa di sekolah.

Bantuan kesehatan bagi orang miskin dilaksanakan melalui prinsip managed healthcare concept, berbasis asuransi, dengan keanggotaan yang bersifat close ended berdasarkan means-testing, serta penerapan manfaat pasti. Pola bantuan terakhir untuk program bantuan berbasis keluarga yakni pemberian bantuan tunai untuk penanggulangan  pengangguran sementara (cash for work).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s