Dari Tenaga Honorer, Calon Bupati Hingga Penjabat Bupati

MINAHASA UTARA – Teka-teki siapa yang akan menjadi penjabat Bupati Minahasa Utara, terjawab sudah. Dialah Kepala Dinas Kehutanan Sulut, Hero –panggilan akrab Ir Herry Rotinsulu saat mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Utara lima tahun silam. Hero dilantik Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang juga Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Dr Soni Sumarsono, di Kantor Bupati Minahasa Utara.[….]

Menurut Soni Sumarsono, dipilihnya Hero sebagai orang nomor satu di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) bukan tanpa alasan. Semuanya sudah melewati kajian panjang. Mulai dari pertimbangan kapabilitas, kepangkatan, rekam jejak, hingga dikonsultasi dengan sejumlah pihak.

“Menentukan penjabat telah kami lakukan dengan profesional. Ada beberapa aspek yang menjadi tolok ukur, yakni profesionalitas, kedekatan emosional (etnis), serta golongan pangkat,” terangnya.

Sumarsono menitipkan pesan pada Hero, agar mengemban tugas dengan baik. “Tugas dan wewenang bupati sepenuhnya beralih pada beliau. Tidak gampang memang, karena saat ini Minut juga melaksanakan Pilkada,” tandasnya.

Sementara itu, Hero usai pelantikan kepada wartawan mengatakan, “Doakan agar saya dapat melaksanakan tugas dengan baik. Tugas utama saya hanya untuk mengisi kekosongan dan mempersiapkan segenap aparatur sampai dilantiknya bupati definitive di sini,” kata Hero singkat.

Hero merintis karier dari bawah sebagai Tenaga Honorer Daerah pada Biro BKLH Kantor Gubernur Sulut (1986-1989), kemudian diangkat sebagai CPNS (1 Maret 1989), Petugas Khusus Inpres Bantuan Penghijauan dan Reboisasi Tingkat Sulut (1990-1991), Kepala Seksi Perluasan Areal-Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sulut (1992-1993), Kepala Dinas Pertanian Kota Bitung (1994-1999), Kasubdin Bina Produksi Tanaman Pangan-Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sulut (2000-2003), Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Minahasa (2004-2005), Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Minahasa (2005-2006), kemudian menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut (30 Oktober 2006-17 Juli 2010).

Karena mengikuti Pemilihan Bupati (Pilbup) Minahasa Utara 2010 berpasangan dengan Immanuel Pasulatan, maka Hero berhenti atas permintaan sendiri, sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut. Namun pada ajang tersebut, Hero belum berhasil sehingga harus rela menjadi Staf Khusus Sulut selama kurang lebih enam bulan. Kemudian dari 2011 hingga sekarang dipercayakan menjadi Kepala Dinas Kehutanan Sulut sebelum menjadi penjabat Bupati Minut, menggantikan Bupati Sompie Singal yang habis masa jabatannya. (wilson/MP/CS-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s