Ungkap Dalang Oddie Manus

Tomohon, CS – Kasus Penculikan dan Pembunuhan Dr. Ir. Oddie Manus, MSc., kini kembali ramai diperbincangkan di Media Sosial Grup Manguni 123 Reskrimum Polda Sulut.  Pasalnya, kasus ini dinilai sudah sangat terlalu lama mengendap tiada berujung. [….]

Padahal, sejak Polda Sulut dipimpin Brigjen Pol Wilmar Marpaung, sejumlah pengungkapan kasus berat berhasil dituntaskan. Seperti, penanganan kasus  pembunuhan, kekerasan, premanisme, miras, juga narkoba. Tak heran  prestasi-prestasi ini menjadi prestasi besar yang diraih Polda Sulut, sehingga Kapolda Wilmar Marpaung dianugerahi Kapolda terbaik se Indonesia oleh Mabes Polri.

Namun, di balik prestasi ini, PR lama tentang tewasnya Wakadis Perikanan dan Kelautan Propinsi Sulawesi Utara, Dr. Ir. Oddie Manus, MSc., yang ditemukan tak bernyawa pada Jumat 23 Desember 2005, pukul 08.00 di perkebunan Rurukan Tomohon, masih belum terungkap siapa dalangnya.

Menjadi pertanyaan besar bagi aparat hukum di Sulut, kenapa?. Pasalnya, sampai hari ini kasus tersebut menjadi buah bibir, mempertanyakan keberanian Polri, Kejaksaan juga Pengadilan, apakah kasus ini dapat diangkat kembali kemudian dituntaskan.

Memang sejak peristiwa 2005 sampai 2016, diduga kuat, kasus ini mengendap karena menyimpam  banyak misteri. Untuk itu perlu dibuka kembali oleh aparat penegak hukum. Dan, rakyat Sulut pun sangat berharap agar Presiden Jokowi, Kapolri, Jaksa Agung dan Ketua MA agar dapat memberikan perhatian kusus terhadap kasus ini.

Apa lagi, Oddie Manus adalah (ketika itu) sebagai Pejabat Pendidikan di Unsrat dan Pemprov Sulut. Jadi suda selayaknya penghargaan ini diberikan kepadanya juga keluarga, yaitu penghargaan keadilan dan kepastian hukum yang benar.

Berdasarkan data yang ada, kronologi kejadian mantan Dekan Perikanan dan Kelautan Universitas Samratulangi tersebut, yakni, Pada Jumat 9 Desember 2005, pukul 24.00 almarhum keluar meninggalkan rumahnya di Pomorouw dengan kendaraan dinas DB 82. Dari pengakuan sumber sebelum pergi meninggalkan rumahnya alm menerima telefon dari seseorang.

10 Desember 2005, setelah hilang beberapa hari ada saksi yang  melihat DB 82 terparkir di wilayah Winangun dan ada (empat) orang turun dari mobil. Selasa, 13 Desember 2005, warga melaporkan ke Polres Manado, ada mobil plat merah yang diparkir sejak hari Sabtu di Winangun. Polisi langsung ke TKP, memeriksa mobil dalam keadaan baik. Kunci tergantung rapi ditempatnya.

Kamis 14 Desember 2005, Yantje Wuisan umur 56 tahun warga Talete 1, Tomohon menemukan segumpul darah segar yang tercecer di samping dego-dego (tempat duduk yang terbuat dari bambu) dan di sekitar dego dego ada tali plastik serta ikatan bambu (enam) buah. Jumat 23 Desember 2005, pukul 08.00  wita akhirnya jasad Oddy Manus ditemukan tak bernyawa dengan kondisi yang sangat tidak manusiawi.

Akun FB atas nama Rudi Victor Montolalu (29/2),  mempertanyakan kasus misterius terbunuhnya Wakil Kepala Dinas Kelautan Sulut, Oddy Manus. Dia meminta agar kasus ini dijadikan prioritas oleh  POLRI dan jangan dipeti-eskan. Tak hanya itu, Montolalu mengajak seluruh LSM/ORMAS dan Wartawan di Sulut untuk mengawal kasus ini.

“Marilah kita semua mengawal dan mendesak Pihak Kepolisian (POLDA) Sulut, agar membuka kembali kasus tewasnya Oddy Manus yang hilang, kemudian ditemukan tak bernyawa, di Pegunungan Rurukan Kota Tomohon, Desember 2005 silam,” sebut Montoalu dalam akun FB-nya.

Meski demikian, anehnya, pihak penegak hukum di daerah ini masih dinilai kurang punya kemampuan mengungkap kasus tersebut sampai tuntas. Coba lihat, kasus BOM BALI. Hanya dengan barang bukti sidik jari dan plat nomor kendaraan, persoalannya bisa terungkap dan tuntas. Kenapa kasus Oddy Manus tidak bisa terungkap?

Montolalu pun menyampaikan rasa simpati dan empatinya. Kasihan pihak keluarga Pak Manus yang sampai saat ini masih menunggu siapa otak dan pelakunya. Oleh karena itu, marilah kita semua mengawal kasus ini hingga tuntas dan memberikan apresiasi kepada POLRI khususnya Manguni 123 untuk menyelesaikan kasus ini sampai tuntas,” tulis Montolalu di Grub FB Manguni Reskrimum  Polda Sulut. (Tim CS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s