Busyro Muqodas : Uang Ada di Tim Advokasi

Jakarta, CS – Gojang ganjing keberadaan dua gepok uang yang diterima Istri Siyono Suratmi menjadi hak yang diterima keluarga. Namum, uang itu hingga kini masih di tangan tim advokasi. […..]

Ketua DPP Muhammadiyah Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia, dan Kebijakan Publik, Busyro Muqoddas ditemui di Mabes Polri, Senin (4/4) 2016 mengatakan, saat ini pihaknya (tim Advokasi) masih memegang dua gepok uang dari Polri untuk keluarga terduga teroris asal Klaten, Siyono. Uang tersebut, diterima istri Siyono, Suratmi, sebagai uang santunan. “Uang dua gepok masih dalam simpanan kami, tim advokasi,” ujarnya.

Selanjutnya, Muqodas menegaskan Suratmi menyerahkan dua gepok uang ke PP Muhammadiyah dalam keadaan utuh dan masih terbungkus rapi. Keluarga Siyono enggan menerima pemberian Polri tersebut. “Muhammadiyah pun belum memutuskan apakah uang tersebut akan dikembalikan kepada Polri, atau ada pilihan lainnya.Untuk mengembalikan atau tidak, tim advokasi akan berembuk dulu. Nanti kami akan rembukan,” tegasnya.

Kepala Polri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti membantah pemberian uang ke keluarga Siyono sebagai sogokan untuk tak mempermasalahkan kematiannya.”Ia menganggap wajar bahwa pemberian uang itu sebagai tanda dukacita. Ia pun tak mempermasalahkan jika keluarga enggan menerimanya.Begini ya, namanya kemanusiaan. Kalau tidak mau terima, ya tidak apa-apa,” ungkapnya.

Suratmi, istri terduga teroris almarhum Siyono, mengaku kepada PP Muhammadiyah bahwa dirinya sempat diberi uang dua gepok saat berada di Jakarta.

Uang yang dibungkus koran dan diikat plakban berwarna coklat itu diberikan seseorang yang diduga salah satu anggota Polwan untuk biaya pemakaman suaminya dan biaya santunan untuk anak-anaknya.

Padahal, pihak keluarga hanya meminta agar Siyono diotopsi karena menganggap kematiannya tidak wajar.  Hingga diserahkan kepada PP Muhammadiyah, dua bungkus uang itu sama sekali tidak dibuka oleh Suratmi. Selain memberikan uang, ia juga diminta untuk mengikhlaskan kepergian suaminya, Siyono. (vecky/CS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s