DPP Muhammdyah : Tunggu Saja Hasil Otopsi Siyono

Jakarta, CS – Terkait dengan Tewasnya Siyono salah seoranag teroris asal klaten yang tertangkap, untuk membuktikan ada luka lebam ,akhrirnya dilakukan otopsi kembali. Hingga kini Otopsi sudah dilakukan dan hasilnya masih ditunggu sekitar 4 hari hingga 10 hari. [….]

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir saat ditemui di Mabes  Polri usai ketemu Kapolri, Senin(4/402016 mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil otopsi terduga teroris asal Klaten, Siyono.Ia memperkirakan hasil otopsi bisa diketahui sepekan ke depan.”Belum ada laporan. Nanti seminggu atau 10 hari yang berhak melaporkan ada tim forensik,” ujarnya.Otopsi Siyono dilakukan oleh sembilan dokter forensik yang ditunjuk Pengurus Pusat Muhammadiyah dan seorang dokter dari Polda Jawa Tengah.

Hingga kini, Haedar menegaskan Otopsi dilakukan di tempat pemakaman umum Desa Pogung, Cawas, Klaten, Jawa Tengah. Adanya otopsi itu, pihaknya tidak merasa melangkahi Polri untuk mengotopsi Siyono. Muhammadiyah mendapatkan perintah dari Komnas HAM untuk melakukan hal tersebut.”Hal yang perlu dipahami, tim dari forensik Muhammadiyah bekerja dalam otoritas Komnas HAM. Kami tidak mau asumsi apa pun proses di lingkungan Polri,” tegasnya.

Sesuai perkembangan, Haedar menjelaskan ada juga anggota polisi yang terlibat dalam proses otopsi.” Sebelum otopsi dilakukan pun Muhammadiyah sudah mengkomunikasikannya kepada Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti,” jelasnya.

Otopsi Siyono sempat ditolak oleh warga setempat. Proses otopsi akhirnya dilakukan dengan penjagaan ratusan anggota Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Jawa Tengah.

Perwakilan dari Komnas HAM juga hadir untuk pemantauan otopsi. Siyono tewas saat dalam penahanan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri seusai penggerebekan di rumahnya, 10 Maret 2016.  Kematian terduga teroris itu menjadi sorotan publik karena diduga ada pelanggaran hukum atas penangkapan Sriyono. (vecky/CS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s