Teten Masduki Terkait Pelecehan Lambang Negara

Jakarta, CS – Sesuai dengan ada dugaan pelecehan lambang negara burung garuda diganti dengan burung hantu terbesit dalam gambar kaos hitam yang digunakan kepala staf kepresiden Teten Masduki akhirnya dilaporkan ke Mabes Polri Febuari 2016. Hingga kini kasus itu terus didalami dan proses berlanjut. [….]

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjend Pol Agus Rianto ditemui di Mabes Polri, Jumat (8/4)2016 mengatakan terkait ada laporan dugaan pelecehan lambang negara itu yang dilaporkan sekitar Bulan Febuari 2016, hingga kini Badan Reserse Kriminal Polri menindaklanjuti dugaan pelecehan lambang negara yang dilakukan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

“Teten dilaporkan ke Bareskrim karena menggunakan kaus berlambang burung garuda yang dinilai kepalanya diganti dengan kepala burung hantu.Mekanisme yang kami lakukan seperti penanganan kasus-kasus pada umumnya. Kami lakukan pendalaman,” ujarnya.

Selanjutnya, Agus menegaskan laporan diajukan pada pertengahan Februari 2016 oleh seorang advokat bernama Mardiansyah. Polisi pun telah memanggil empat saksi untuk dimintai keterangan.”Dua di antaranya dari pihak kementerian (KSP) dua hari yang lalu kalau tidak salah. Teman-teman penyelidik sudah minta keterangan terhadap dua saksi yang diajukan pihak pelapor,” tegasnya.

Sesuai perkembangan, Agus menjelaskan  penyelidikan ini masih terus didalami. Penyelidik juga masih fokus pada pemeriksaan para saksi. Mengenai pemanggilan Teten hingga kini belum dipatikan oleh penyidik. “Nanti kami lihat perkembangannya seperti apa. Ini kan masih proses pendahuluan yang masih kita lakukan,” jelasnya.

Dalam laporan, Teten diduga melakukan penghinaan terhadap lambang negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 57 huruf c dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Teten dianggap melecehkan lambang negara dalam rapat kerja tanggal 2 sampai 5 Februari 2016 di Istana Cipanas Bogor, Jawa Barat. Saat itu, dalam raker Kantor Staf Kepresidenan, panitia mengenakan kaus hitam begambar burung garuda dengan kepala burung hantu. (vecky/WL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s