Doktor Hukum Diadili, 12 Pengacara Ajukan Keberatan

Manado, CS – Doktor yang seharinya Dosen Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado berinisial DKGS, SH MH alias Devy (52), terpaksa duduk di kursi panas. Warga Kelurahan Malalayang 1, Lingkungan 10 ini, oleh jaksa diduga kuat melanggar pasal 40 ayat (2) jo pasal 21 ayat (2) huruf (a) dan (b) UU RI No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Alam Hayati  Ekosistem.
Namun dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Manado, pekan lalu, ke-12 pengacara papan atas tidak setuju atas tuduhan jaksa, sekaligus mengajukan keberatan (eksepsi) terhadap dakwaan jaksa, karena dianggap kabur (obscure libel) dalam penerapan aturan.
Sidang yang dipimpin Hakim Vicentius Banar T, SH MH mendapat perhatian sejumlah media, sehingga terdakwa lebih banyak menunduk ketimbang memperhatikan eksepsi yang dibacakan para pengacara secara bergantian.
Menurut kuasa hukum terdakwa, bahwa konstruksi dakwaan jaksa yang seharusnya Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 tahun 1999, yang merupakan satu kesatuan dengan rumusan delik surat dakwaan yang diancam pada terdakwa tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistem, harus diikat satu kesatuan dengan PP No.7 tahun 1999, yang menjadi dasar asas legalitas, berbeda dengan pertanggungjawaban pidana yang harus diikat dari ‘Actus Non Facit Reum, Nisi Mens Sit Rea (Tiada Pidana Tanpa Kesalahan).
Menurut ke-12 pengacara, asas legalitas telah mensyaratkan bahwa rumusan perbuatan pidana harus tegas dan jelas disertai ancaman hukumannya, agar setiap orang yang melakukan perbuatan menimbulkan tekanan yang dikenal dengan Psycholigische Zwang.
Sementara itu, ke-12 kuasa hukum yang mendampingi terdakwa diantaranya, Stevie Da Costa, SH, Weyni Marcylia Moniaga, SH, Frangky F. Mantiri, SH, Robert Lengkong Weku, SH, Dedy Lontoh, SH, Franklano Randang, SH MH, Daniel Pangemanan, SH MH dan Philips Tambayong, SH MH.(jop)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s